Persiapan Mendarat di Mars, Tianwen-1 Menyesuaikan Orbit

Intan Rakhmayanti Dewi ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 19:38:00 WIB
Persiapan Mendarat di Mars, Tianwen-1 Menyesuaikan Orbit
Persiapan Mendarat di Mars, Tianwen-1 Menyesuaikan Orbit (Foto: CNSA)

BEIJING, iNews.id - Pesawat luar angkasa China, Tianwen-1sekarang sedang mengorbit di Mars. Tianwen-1 menggunakan mesin 3.000 newton pada 15 Februari untuk menempatkan dirinya di orbit kutub di sekitar Planet Merah.

Dengan bobot 5 metrik ton, Tianwen-1 - yang terdiri dari pengorbit, pendarat, dan penjelajah - akan melakukan beberapa penyesuaian orbital lagi sebelum menempatkan dirinya di orbit parkir tempat pengorbit akan melakukan survei awal terhadap calon area pendaratan.

Pada Mei atau Juni nanti, pengorbit Mars akan ditempatkan sementara di busur deorbit dan masuk untuk melepaskan kapsul pendaratan. Rover akan keluar dari tempat pendaratan ke permukaan Mars ebebrapa hari setelah pendarata, mengikuti hasil penilaian medan di sekitarnya.

Selama setidaknya 92 hari Mars atau sekitar 95 hari Bumi, penjelajah akan melakukan survei Mars di tempat dengan resolusi tinggi. Misi pertama dari rencana eksplorasi ini adalah Tianwen-1 akan melakukan studi komprehensif tentang Mars dengan mengorbit, mendarat, dan menjelajahi Planet Merah, melakukan studi magnetosfer dan ionosfer Mars, serta mempelajari permukaan dan bawah permukaan planet.

Mencari es air di bawah permukaan di Mars adalah tugas dari Mars Orbiter Subsurface Investigation Radar (MOSIR) milik Tianwen-1 - sebuah radar sounder bawah permukaan.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2