Probe China Kirim Foto Menakjubkan Mars, Begini Penampakannya

Dini Listiyani · Selasa, 06 April 2021 - 13:04:00 WIB
 Probe China Kirim Foto Menakjubkan Mars, Begini Penampakannya
Probe China Kirim Foto Menakjubkan Mars, Begini Penampakannya (Foto: CNSA)

CALIFORNIA, iNews.id - Probe Mars China, Tianwen-1 telah ada di Mars selama hampir dua bulan. Misi China ini sedang mempersiapkan rover mendarat pada Mei 2021.

Menariknya, Tianwen-1 tidak hanya di orbit memutar antenanya. Pesawat ini sedang mengamati planet, mengorbit lebih dekat, memeriksa lokasi pendaratan penjelajah pilihan misi, dan mengirimkan kembali beberapa gambar menakjubkan dari planet.

Pada 16 Maret dan 18 Maret, pesawat ruang angkasa mengambil dua foto panorama dengan kamera resolusi menengah Mars bulan sabit dilihat dari sisi jauhnya, dengan Matahari di belakangnya, dari jarak sekitar 11.000 kilometer (6.835 mil).

Dari jarak itu, fitur permukaan terlihat, warna berbeda melesat di seluruh permukaan Mars, serta garis kabur samar, atmosfer planet yang tipis tapi berdebu membungkusnya seperti cangkang halus, sebagaimana dikutip dari Science Alert, Selasa (6/4/2021)

Mars adalah planet yang paling banyak dikunjungi di Tata Surya. Tapi, masih banyak yang belum diketahui. Dengan delapan pengorbit yang saat ini beroperasi (termasuk Tianwen-1 dan pengorbit Harapan UEA, yang juga tiba pada bulan Februari tahun ini), serta dua penjelajah dan satu pendarat, ada penemuan baru yang dibuat sepanjang waktu.

Tianwen-1 membawa pendarat dan penjelajah yang akan mendarat di Utopia Planitia, di dalam cekungan dampak Utopia di belahan bumi utara Mars. Ini adalah dataran lava besar, di mana sejumlah besar es telah ditemukan, dan yang diyakini para ilmuwan pernah menjadi rumah bagi lautan sebelum Mars kehilangan air permukaannya yang cair.

Halaman : 1 2