Sampel Bulan Chang'e-5 Mengandung Material Vulkanik Berusia 1,9 Miliar Tahun

Dini Listiyani · Senin, 11 Oktober 2021 - 14:34:00 WIB
Sampel Bulan Chang'e-5 Mengandung Material Vulkanik Berusia 1,9 Miliar Tahun
Sampel Bulan Chang'e-5 Mengandung Material Vulkanik Berusia 1,9 Miliar Tahun (Foto: Washington University in St. Louis, created with Lunar QuickMap)

BEIJING, iNews.id - Pesawat luar angkasa China Chang'e-5 kembali ke Bumi pada Desember lalu. Pesawat membawa sampel pertama batuan Bulan yang dikumpulkan dikumpulkan dalam lebih dari 40 tahun. 

Tim peneliti internasional telah bekerja keras menganalisis bagian dari sampel berharga ini. Mereka menemukan sampel mengandung beberapa material vulkanik Bulan termuda yang ditemukan hingga saat ini.

Tim peneliti menemukan sampel berusia 1,97 miliar tahun. Meskipun Bulan saat ini tidak aktif secara vulkanik, selama 4,5 miliar tahun sejarahnya, Bulan memiliki aktivitas vulkanik yang signifikan telah membentuk perkembangannya, seperti lava yang mengalir di permukaan dan membentuk tabung di bawahnya. 

Mengetahui tanggal pasti sampel penting untuk menentukan penanggalan secara akurat sejarah geologi Bulan secara absolut. Para ilmuwan mengatakan planet yang mempunyai banyak kawah di permukaannya, maka semakin tua usianya, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

"Semakin sedikit kawah, semakin muda permukaannya. Itu tekad yang relatif bagus. Tapi, untuk menetapkan tanggal usia absolut pada itu, seseorang harus memiliki sampel dari permukaan itu kata salah satu peneliti, Brad Jolliff dari Universitas Washington di St. Louis, dalam sebuah pernyataan" Brad Jolliff of the Washington University in St. Louis. 

Sampel vulkanik sebelumnya dari Bulan, seperti yang dikumpulkan selama misi Apollo, berusia lebih dari 3 miliar tahun. Dan para peneliti telah dapat memperkirakan kawah tumbukan, tempat bulan dihantam oleh asteroid atau komet, berusia kurang dari 1 miliar tahun. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: