Sempat Gagal, NASA Berupaya Kembali Meluncurkan Artemis 1 3 September 2022

Dini Listiyani ยท Rabu, 31 Agustus 2022 - 08:36:00 WIB
Sempat Gagal, NASA Berupaya Kembali Meluncurkan Artemis 1 3 September 2022
Sempat Gagal, NASA Berupaya Meluncurkan Artemis 1 3 September 2022 (Foto:

JAKARTA, iNews.id - NASA akan melakukan upaya kedua untuk meluncurkan roket Bulan generasi berikutnya pada Sabtu (3/9/2022). Pengumuman menyusul upaya yang gagal mengirim roket Space Launch System (SLS) ke angkasa. 

SLS gagal terbang ke angkasa usai para engineer menemukan masalah dengan salah satu mesin sesaat sebelum lepas landas dari  Kennedy Space Center di Florida. NASA mengatakan pihaknya berencana meluncurkan penerbangan  Artemis 1 tanpa awak pada pukul 14.17 ET sore Sabtu (3/9/2022).

Jendela peluncuran akan tetap terbuka hingga pukul 16:17 ET jika hitungan mundur perlu dijeda kapan saja. "Kami sekarang menargetkan Sabtu, 3 September, untuk peluncuran uji terbang #Artemis I di sekitar bulan," kata agensi itu dalam tweet yang diposting pada hari Selasa sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Terdapat banyak kekecewaan ketika NASA membatalkan peluncuran pada hari Senin, dengan kerumunan besar berbaris di sepanjang Space Coast menunggu untuk melihat roket paling kuat tersebut melesat ke luar angkasa, dan banyak lagi yang menonton secara online.

Tapi jam hitung mundur dihentikan pada tanda 40 menit ketika para insinyur melihat masalah dengan mesin nomor tiga di tahap inti roket SLS. Karena, tidak dapat menyelesaikan masalah tepat waktu, tim memutuskan untuk mundur.

Kemudian pada hari yang sama, kepala NASA Bill Nelson mengomentari situasi tersebut, dengan mengatakan: "Ada pedoman tertentu, dan saya pikir itu hanya ilustrasi ini adalah mesin yang sangat rumit, sistem yang sangat rumit, dan semua hal itu harus bekerja."

Misi Artemis I akan menandai awal dari era baru perjalanan luar angkasa yang diharapkan NASA pada akhirnya akan membawa manusia pertama mencapai Mars. Misi pertama ini, bagaimanapun, dirancang untuk menguji roket SLS baru dan pesawat ruang angkasa Orion. 

Begitu berada di luar angkasa, kapsul Orion akan terbang mengelilingi bulan, datang dalam jarak 62 mil dari permukaan bulan, sebelum kembali ke Bumi dalam waktu enam minggu.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda