Sering Abadikan Gambar Bumi dari Luar Angkasa, Astronot ISS Ungkap Kendala yang Dihadapi

Dini Listiyani ยท Jumat, 24 September 2021 - 16:19:00 WIB
Sering Abadikan Gambar Bumi dari Luar Angkasa, Astronot ISS Ungkap Kendala yang Dihadapi
Sering Abadikan Gambar Bumi dari Luar Angkasa, Astronot ISS Ungkap Kendala yang Dihadapi (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - International Space Station (ISS) mempunyai pemandangan yang menakjubkan. Oleh karena itu, banyak astronot mengunjungi pos terdepan dengan cepat langsung menuju Cupola, modul observasi tujuh jendela yang menawarkan pemandangan Bumi yang memukau. 

Penghuni ISS saat ini Thomas Pesquet menjadi salah satu shooter paling terampil dari kru yang ada. Astronot Prancis ini secara teratur membagikan gambar Bumi di akun Instagram dan Twitter-nya, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Tapi, mendapatkann gambar luar biasa bukan hanya masalah mengitip dari Cupola saja. Astronot saat ini biasanya menggunakan DSLR Nikon D5 dengan lensa telefoto untuk memotret Bumi. Tapi seperti yang ditunjukkan Pesquet dalam unggahan online, sebenarnya dibutuhkan banyak persiapan untuk meningkatkan peluang menangkap gambar yang bagus. 

“Perencanaan yang baik untuk sebuah gambar adalah setengah pekerjaan, dan bagi kami itu dimulai dengan perangkat lunak navigasi kami. Perangkat lunak ini menunjukkan kepada kita di mana itu siang dan malam dan bahkan prediksi tutupan awan, tetapi yang paling penting itu menunjukkan kepada kita orbit masa depan," kata astronot, yang tiba di ISS pada bulan April.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: