SpaceX Luncurkan Kargo NASA ke ISS, Ini Isinya

Dini Listiyani ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 15:45 WIB
SpaceX Luncurkan Kargo NASA ke ISS, Ini Isinya

SpaceX luncurkan kargo NASA ke ISS (Foto: Florida Today)

SAN FRANCISCO, iNews.id - SpaceX berhasil meluncurkan muatan besar dari kargo NASA ke International Space Station (ISS). Peluncuran dilakukan pada Kamis 6 Desember 2019 dari Cape Canaveral Space Launch Complex 40.

NASA secara teratur mengirim ribuan pound kargo ke ISS menggunakan SpaceX sebagai mitra peluncurannya. Kargo mencakup persediaan yang diperlukan astronot untuk hidup di stasiun luar angkasa dan peralatan ilmiah serta eksperimen baru.

Beberapa proyek dari perusahaan swasta bahkan dikirim ke stasiun luar angkasa. NASA mengatakan kumpulan kargo terbarunya berbobot sekitar 5.700 lbs.

Sayangnya, belum diungkapkan semua isi yang ada di dalam kapal. Namun, rincian mengenai beberapa proyek yang menarik disebut sedang dalam pengiriman tersebut.

Dikutip dari Slash Gears, Sabtu (7/12/2019), sebagai contoh, eksperimen Malting 'ABI Voyager Barley Seeds in Microgravity' akan menyelidiki malt yang diproduksi di luar angkasa.

Kemudian akan dibandingkan dengan malt yang diproduksi di Bumi untuk menentukan efek lingkungan microgravity. NASA memberikan kepada publik ringkasan besar percobaan dalam situs webnya, jadi yang ingin tahu bisa segera mengunjunginya.

Seperti yang baru-baru ini dilaporkan, NASA juga mengirim robot hotel ke ISS. Dia akan dipasang di luar angkasa untuk menyimpan instrumen yang digunakan guna mendeteksi kebocoran ammonia.

Proyek dan barang penting lainnya yang sedang dalam perjalanan ke ISS mencakup studi tentang penyebaran api di ruang microgravity. Lalu, ada juga studi mengenai bagaimana melindungi tulang dan otot astronot saat mereka berada di luar angkasa.


Editor : Dini Listiyani