Spesies Buaya Purba Berjalan dengan 2 Kaki

Dini Listiyani ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 16:08 WIB
Spesies Buaya Purba Berjalan dengan 2 Kaki

Buaya purba (Foto: Dr Anthony Romilio)

SEOUL, iNews.id - Seekor buaya raksasa purba kemungkinan pernah berjalan dengan dua kaki. Pamandangan semacam ini sulit dibayangkan kerana hewan ini relatif tidak berubah selama jutaan tahun evolusi.

Konsep mengenai buaya berkaki empat sudah mendarah daging. Namun, konsep ini berubah saat para ahli yang hampir mengabaikan kerabat bipedal kuno meneliti jejak fosil di Jinju Formation yang sekarang dikenal Korea Selatan.

Pada awalnya, para palaeontolog mengira kumpulan jejak fosil, termasuk hampir seratus jejak yang sangat terawetkan, milik pterosaurus terbang kuno. Namun, setelah diperiksa lebih dekat, lekukan fosil mulai terlihat aneh. Di bawah satu cetak, para ilmuwan menemukan impresi jelas terkait sisik.

"Dinosaurus dan keturunan burung mereka berjalan di atas kaki mereka. Buaya berjalan di atas telapak kaki mereka meninggalkan jejak tumit yang jelas seperti manusia," kata Kyung Soo Kim dari Chinju National University of Education di Korea Selatan yang dikutip dari Science Alert, Sabtu (13/6/2020).

Namun, tidak peduli seberapa keras penampilannya, mereka tidak dapat menemukan satu hal yakni jejak tangannya. Hewan kadang dapat berjalan di atas tungkai depan dan belakang mereka, sebuah konsep yang disebut over-printing, tapi tim ilmuwan tidak menemukan bukti itu di lokasi.

"Itu juga bukan karena pelestarian yang buruk. Karena fosil-fosil ini spektakuler, mereka bahkan memiliki perincian yang baik dari bantalan jari kaki dan sisik pada sol kaki mereka yang diawetkan," ujar ahli paleontologi Anthony Romilio dari University of Queensland.

Para ilmuwan berhati-hati menganalisis impresi ini, sehingga menjadi jelas saat makhluk itu bergerak dengan dua kaki menggunakan cara yang mirip seperti kebanyakan dinosaurus. Namun, jejak itu sebenarnya bukan milik dinosaurus.

Penggerak buaya modern juga tidak cocok dengan itu. "Buaya khas berjalan dalam posisi jongkok dan membuat trackways yang lebar. Anehnya, trackways kami terlihat sangat sempit, lebih seperti buaya yang menyeimbangkan tight-rope.

Kiprah yang tidak biasa, terutama untuk makhluk sebesar itu. Ukuran jejak kaki sekitar 18 hingga 24 centimeter menunjukkan, reptil purba ini memiliki panjang 3 meter, dengan kaki yang tingginya sama dengan manusia dewasa.

Pada awalnya kelihatannya liar, sebenarnya ada sesuatu yang menakjubkan di antara buaya purba lainnya, kelompok yang mencakup buaya modern dan kerabat mereka yang punah.

Di Korea selama Jurassic, berbagai buaya kuno Batrachopus diketahui memiliki track sempit, sehingga menunjukkan gaya berjalan semi-terrestrial. Nah, jejak baru itu dua kali lebih besar dari jejak Batrachopus yang dilaporkan sebelumnya.

Tapi, penulis berpendapat mereka sangat mirip dengan saudara buaya purba ini. Tim sekarang telah menetapkan jejak kaki ke spesies yang berpotensi baru, Batrachopus grandis. Jika mereka benar, tidak ada inchospecies Batrachopus lainnya, spesies yang diidentifikasi dari jejak fosil.

Jejak kaki ini adalah sampel Batrachopus terbesar yang dikenal saat ini. Penemuan ini tidak terduga. Jejak buaya tanpa tangan sebelumnya pernah ditemukan dalam catatan fosil.

"Sementara sebagian besar jalur pterosaurian mewakili pengembangan quadrupedal bukan bipedal, beberapa jalur jejak dari Haman Formation of Korea telah secara keliru dikaitkan dengan pterosaurus bipedal raksasa. Bukti tidak terduga dari crocodylomorph yang dapat bipedal ini mewajibkan kami menyelidiki kemungkinan alternatif konfigurasi tracway bipedal locomotion, dan menggarisbawahi perlunya pemeriksaan ulang Batrachopodidae dan ichnotaxa lain yang relevan, secara morfologis mirip," tulis penulis.