Supermassive Black Hole Mini Ditemukan, Terkubur Dalam Debu dan Gas di Galaksi Kerdil

Dini Listiyani ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 05:49:00 WIB
Supermassive Black Hole Mini Ditemukan (Foto: X-ray: NASA/CXC/Dartmouth Coll./J. Parker & R. Hickox; Optical/IR: Pan-STARRS)

JAKARTA, iNews.id - Supermassive black hole mini baru saja ditemukan . Lubang hitam ini bisa membantu mengungkap beberapa rahasia di balik black hole terbesar di alam semesta.

Para peneliti yang menggunakan Chandra X-ray Observatory NASA menemukan black hole mengerikan yang terkubur dalam debu dan gas di galaksi kerdil. Black hole, yang memiliki massa sekitar 200.000 kali Matahari, terletak di pusat galaksi kerdil Mrk 462, dan meskipun besar sebenarnya itu supermassive black hole terkecil yang pernah ditemukan.

"Black hole di Mrk 462 ini adalah salah satu yang terkecil dari lubang hitam supermasif, atau monster,," kata Jack Parker, seorang peneliti di Dartmouth College di New Hampshire yang ikut memimpin penelitian yang mengidentifikasi dan mempelajari lubang hitam ini, dalam pernyataannya.

Galaksi tuan rumah Mrk 462 "hanya" memiliki beberapa ratus juta bintang. Meskipun ini mungkin tampak banyak, galaksi Bima Sakti memiliki beberapa ratus miliar bintang. Jadi angka ini mengklasifikasikan Mrk 462 sebagai galaksi kerdil.

Sampai sekarang, lubang hitam telah dikaburkan dari pandangan, diselimuti oleh debu dan gas di Mrk 462. Di galaksi yang lebih besar, para ilmuwan mungkin dapat menemukan lubang hitam dengan mengamati bintang-bintang yang bergerak cepat di pusat galaksi (tanda-tanda gravitasi pengaruh lubang hitam).

Halaman : 1 2