Tahun Depan, Miliarder Jepang Ajak 8 Orang Terbang Keliling Bulan

Dini Listiyani ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 08:00:00 WIB
Tahun Depan, Miliarder Jepang Ajak 8 Orang Terbang Keliling Bulan
Miliarder Jepang Ajak 8 Orang Terbang Keliling Bulan (Foto: SpaceX)

JAKARTA, iNews.id - Seorang miliarder Jepang Yusaku Maezawa memilih krunya untuk misi pertama ke luar angkasa. Setidaknya ada delapan orang yang akan terbang bersamanya dalam misi dearMoon. 

Yusaku Maezawa yang meraup kekayaan sebagai peritel fashion online mengumumkan delapan orang dari kalangan seniman yang akan terbang bersamanya dalam misi dearMoon. Misi bertujuan menggunakan SpaceX Starship terbang mengelilingi Bulan paling cepat tahun depan. 

"Saya berharap setiap orang akan menyadari tanggung jawab yang datang dengan meninggalkan Bumi, melakukan perjalanan ke Bulan dan kembali," kata Maezawa dalam sebuah video sebagaimana dikutip dari Space.com.

Tanggal peluncuran 2023 yang diumumkan sebelumnya mungkin mundur secara substansial. Namun, karena Starship belum disetujui untuk perjalanan orbit mengelilingi Bumi, apalagi penerbangan ke Bulan.

Pesawat luar angkasa telah dikandangkan selama lebih dari 18 bulan. Karena, SpaceX menunggu persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal mengenai persyaratan penilaian lingkungan di lokasi peluncuran Starbase di Texas Selatan.

Setiap anggota kru dearMoon secara singkat dikutip dalam sebuah video dari saluran YouTube dearMoon, dan pengumuman tersebut dikonfirmasi di feed Twitter Dodd dan Maezawa. "Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada saya secara emosional, dan saya kira itu bagian dari petualangan," kata Dodd dalam video tersebut.

Video tersebut juga menyertakan beberapa tampilan Starship yang sedang diuji, termasuk setidaknya satu dari api statis sistem SpaceX. Proyek dearMoon Maezawa diumumkan pada 2018 untuk membawa astronot ke Bulan, menyusul "kontes pacar" yang kontroversial untuk misi luar angkasa yang sekarang sudah tidak ada. 

Maezawa menanggung biaya kursi untuk kru. Saat pendaftaran untuk dearMoon dibuka pada Agustus 2021, Maezawa tidak merinci kualifikasi apa yang dibutuhkan untuk bergabung dalam misi tersebut.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda