Uji Ketinggian Prototype Luar Angkasa SpaceX SN15 Dibatalkan

Dini Listiyani ยท Senin, 03 Mei 2021 - 00:08:00 WIB
 Uji Ketinggian Prototype Luar Angkasa SpaceX SN15 Dibatalkan
Prototype SN15 batal uji ketinggian (Foto: SpaceX)

CALIFORNIA, iNews.id - SpaceX mengumumkan mereka tidak akan melakukan uji ketinggian prototype SN15 Starship sekarang. Perusahaan tidak menunjukkan alasannya membatalkan tes. 

Tes ketinggian dipandang sebagai salah satu tantangan paling signifikan untuk program pengujian prototype Starship. Untuk melakukan tes ketinggian, prototype harus diisi bahan bakar dan diluncurkan. 

Kemudian melakukan perjalanan ke ketinggian di mana pesawat akan melakukan manuver belly flop untuk berbalik dan mencoba kembali ke Bumi. Saat pesawat luar angkasa kembali ke Bumi, tujuannya adalah mendarat secara vertikal untuk digunakan kembali di masa depan. 

Sejauh ini, pengujian roket prototype belum berjalan seperti yang diharapkan SpaceX. Satu prototype berhasil mendarat secara vertikal, hanya meledak beberapa menit kemudian.

Tes terakhir yang dilakukan SpaceX pada prototype Starship terjadi pada Senin, 26 April. Selama pengujian tersebut, prototype tersebut menjalani persiapan peluncuran dan tetap ditambahkan ke tanah saat mesinnya ditembakkan. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2