Singapore Media Festival 2019

Konten yang Menarik dan Live Streaming Menjadi Masa Depan

Tuty Ocktaviany · Kamis, 05 Desember 2019 - 07:00 WIB
Konten yang Menarik dan Live Streaming Menjadi Masa Depan

Menteri Komunikasi dan Informasi S Iswaran (tiga-kanan) membuka acara Asia TV Forum & Market (ATF) dan Screen Singapore 2019 bersama President Asia Pacific of Reed Exhibitions Yeh Chien Ee (dua-kiri). (Foto: iNews.id)

SINGAPURA, iNews.id – Jumlah penonton televisi yang dahulu mendominasi, kini berubah secara drastis dengan diperkenalkannya internet dan perangkat seluler. Di tahun mendatang, live streaming menjadi masa depan.

Industri media dan hiburan saat ini berkembang begitu pesat. Hal itu disadari betul oleh para pelaku industri untuk terus berinovasi.

“Di tahun-tahun awal saya, saya berkesempatan bekerja di Mediacorp. Saya melihat programer memegang kekuasan untuk memutuskan apa yang ditonton pemirsa dan konsumsi terbatas pada ruang fisik di mana ada televisi. Tetapi kita semua tahu bahwa ini adalah masa lalu, kini media dan hiburan berubah drastis,” ujar President Asia Pacific Reed Exhibitions, Yeh Chien Ee di acara pembukaan Asia TV Forum & Market (ATF) 2019 dan ScreenSingapore, Marina Bay Sands, Singapura, Rabu 4 Desember 2019.

Yeh Chien Ee mengatakan, perubahan itu terjadi setelah diperkenalkannya internet dan perangkat seluler.

“Sekarang, pemirsa hanya menonton konten yang mereka sukai pada perangkat yang mereka pilih dan waktu mereka sendiri. Tidak mengherankan jika PricewaterhouseCoopers (PwC) melaporkan bahwa pendapatan video OTT global diperkirakan meningkat dari 38 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2018, menjadi hampir dua kali lipat pada 2023,” katanya.

Tema penyelenggaraan kali ini ‘Streaming the Future’, kata dia, itu mencerminkan bagaimana digital mengubah pola konsumsi konten dan meningkatkan persaingan di antara platform live streaming.“Menyadari pergerakan saat ini, ATF dan ScreenSingapore juga melihat ke masa depan. Di zaman sekarang di mana konsumen dapat memilih untuk menonton konten sendiri, kunci konten media dan hiburan bisa berumur panjang karena memiliki cerita yang menarik,” katanya.

President Asia Pacific Reed Exhibitions Yeh Chien Ee di acara pembukaan Asia TV Forum & Market (ATF) 2019 dan ScreenSingapore, Marina Bay Sands, Singapura. (Foto: iNews.id)
President Asia Pacific Reed Exhibitions Yeh Chien Ee di acara pembukaan Asia TV Forum & Market (ATF) 2019 dan ScreenSingapore, Marina Bay Sands, Singapura. (Foto: iNews.id)

 

Dia mengatakan, industri mungkin telah terganggu oleh evolusi digital yang mengakibatkan pasar terfragmentasi dengan berbagai platform. Namun yang tetap tidak berubah adalah kenyataan bahwa konten akan selalu menjadi raja.

“Dengan kebangkitan Asia, ini adalah waktu terbaik bagi para kreator di Asia untuk melihat peluang dalam tatanan baru dunia media. Untuk alasan ini, ATF dan ScreenSingapore fokus memfasilitasi cerita-cerita Asia yang baik di masa depan, dengan memelihara talenta pemula yang berkembang di masa kini,” ucapnya.

Menurutnya, cara yang dilakukan dengan memperkenalkan elemen-elemen baru seperti ATF Leaders Summit untuk menyoroti Asia’s Voice dalam bisnis konten global, serta berbagai kompetisi untuk membina produsen dan penulis naskah Asia.

“Selain membuat cerita, sama pentingnya untuk memastikan mereka terlindungi. ATF dan ScreenSingapore tetap berkomitmen untuk melindungi konten asli,” kata dia.

Dia melihat bahwa kemajuan teknologi telah membuat pertempuran melawan pembajakan konten jauh lebih menantang dan rumit.

“Konten yang dulunya dalam gulungan, sekarang dapat disalin dan didistribusikan dengan biaya mendekati nol setelah didigitalkan,” ujarnya.

Seperti diketahui, perhelatan Asia TV Forum & Market (ATF) dan ScreenSingapore (SS) merupakan bagian dari acara tahunan Singapore Media Festival (SMF) dan dibuka oleh S Iswaran, Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura di Marina Bay Sands pada Rabu 4 Desember 2019. Acara ini dihadiri oleh para pelaku industri film, televisi, dan media digital dari penjuru dunia.

Saat ini ATF memasuki penyelenggaraan ke-20, sementara SS digelar untuk kesembilan kalinya. ATF sebagai acara konten hiburan terkemuka di kawasan Asia ini merupakan platform kaliber untuk memperoleh pengetahuan, jaringan, membeli, menjual, mendanai, mendistribusikan, dan memproduksi bersama di semua kanal media.

Acara ini juga dikenal sebagai panggung utama di Asia untuk terlibat dengan para pemain industri hiburan terkemuka dari seluruh dunia. Di sinilah pikiran terbaik bertemu dan masa depan konten Asia dibentuk.


Editor : Dani Dahwilani