Menguak Peran Industri Telekomunikasi untuk IoT

Dini Listiyani ยท Rabu, 04 Juli 2018 - 21:26 WIB
Menguak Peran Industri Telekomunikasi untuk IoT

Konferensi Asia IoT Business Platform 2018. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Tren Internet of Things (IoT) selama beberapa tahun belakangan ini sering menjadi perbincangan di Indonesia. Selain pemerintah dan pelaku industri, industri telekomunikasi (telko) juga memiliki peran penting dalam mengimplementasikan IoT.

Dalam acara konferensi Asia IoT Business Platform 2018, Head of Big Data, IoT, Research Telkom Grup Komang B Aryasa mengatakan, industri telko memiliki peran untuk mengintegrasikan ekosistem IoT.

"Peran telko sebagai integrator ekosistem IoT," katanya di Jakarta, Rabu (7/4/2018).

Adapun ekosistem IoT tersebut mencakup pengguna, device provider, teknologi provider, dan penelitian. Sementara di mata Head IoT dan Vertical App Solution Indonsat Ooredoo Hendra Sumirsa, peran telko untuk memastikan perangkat dan aplikasi tersambung.

"Operator juga perlu memastikan perangkat dan aplikasi yang tersambung aman atau membuat aplikasi sendiri kalau perlu," katanya.

Pengimplementasian teknologi IoT di Indonesia tampaknya mendapat respons yang cukup positif. Menurut survei Asia IoT Business Platform di ASEAN tahun lalu, sebanyak lebih dari 83 persen bisnis Indonesia saat ini sedang mengeksplorasi dan mengimplementasikan solusi IoT.

Menurut survei itu, 11.8 persen bisnis sudah mengimplementasikan solusi IoT dan 5,1 persen sudah mendapatkan manfaat dari pengimplementasikan itu. Sedangkan 29 persen sedang mengeksplorasi solusi-solusi IoT yang ada.

Survei terbaru terhadap perusahaan-perusahaan di ASEAN sedang dilakukan saat ini dan hasilnya akan dipaparkan pada Asia IoT Business Platform edisi ke-25 di Jakarta. Acara tersebut akan digelar di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, 28-29 Agustus 2019.

Editor : Tuty Ocktaviany