Operator Jepang Targetkan Teknologi 6G Meluncur di 2030

Dini Listiyani ยท Sabtu, 25 Januari 2020 - 13:31 WIB
Operator Jepang Targetkan Teknologi 6G Meluncur di 2030

NTT Docomo targetkan 6G meluncur di 2030 (Foto: Gizmo China)

TOKYO, iNews.id - Jaringan 5G belum tersebar secara merata di seluruh dunia. Namun, Jepang sudah merencanakan strategi komprehensif untuk teknologi 6G.

Operator terbesar Jepang NTT Docomo mulai menyusun strategi untuk menjadi pemimpin dalam teknologi 6G. Mereka berencana untuk meluncurkan 6G secara komersial pada 2030.

Pandangan NTT Docomo terkait dengan teknologi 6G tertuang dalam white paper outlining yang baru saja diterbitkan. Mereka mencatat, sistem komunikasi seluler biasanya berkembang menjadi generasi berikutnya selama sekitar 10 tahun.

Diwartakan Gizmo China, Sabtu (25/1/2020), laporan mengungkapkan pembahasan mengenai technical concept dan kasus penggunaan beragam yang diharapkan dari teknologi komunikasi 5G dan 6G. Komponen-komponen teknologi dan target kinerja juga dibahas dalam laporan tersebut.

Docomo, yang memulai penelitian 5G pada 2010 menyatakan pihaknya akan mempromosikan kerja sama antara pemerintah, industri, dan akademisi, bersama dengan para pemangku kepentingan yang beragam.

Operator seluler Jepang ini akan terus meneliti dan mengembangkan teknologinya agar memungkinkan evolusi lebih lanjut dari komunikasi seluler. Area fokus termasuk merintis pita frekuensi baru dan mengembangkan energi yang sangat rendah serta komunikasi yang murah.

Pernyataan Jepang sebelumnya juga merinci Negari Sakura itu akan menginvestasikan dana senilai 2.03 miliar dolar AS dalam penelitian dan pengembangan 6G. Teknologi penerus 5G diharapkan memberikan kecepatan 10 kali lebih kencang.

Editor : Dini Listiyani