Palapa Ring Diresmikan, Smartfren Minat Ikut Uji Paket Timur

Dini Listiyani · Senin, 14 Oktober 2019 - 18:01:00 WIB
Palapa Ring Diresmikan, Smartfren Minat Ikut Uji Paket Timur
Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim (Foto: iNews.id/ Dini)

JAKARTA, iNews.id - Palapa Ring diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (14/10/2019) di Istana Merdeka. Proyek yang juga disebut tol langit ini terdiri atas tiga paket yakni Palapa Ring Timur, Barat, dan Tengah.

Belum lama ini, paket Palapa Ring Timur yang dikerjakan sejak Agustus 2019 sudah dirampungkan. Rampungnya Palapa Ring Timur ini melengkapi paket sebelumnya yakni Barat dan Tengah.

Terkait dengan rampungnya paket Palapa Ring Timur, operator seluler Smartfren menyatakan berminat ikut uji coba dan memanfaatkannya.

"Kan Palapa Ring Barat udah dari kapan-kapan. Udah dari beberapa waktu yang lampau. Sekarang yang terbaru timur kita akan mulai juga," kata Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim usai pengumuman pemenang program undian Smartfren WOW.

Sebelum memulai uji coba, Smartfren perlu menunggu penempatan BTS mereka. Sebab, saat ini Smartfren baru sampai Lombok untuk wilayah timurnya.

Menurut Djoko, tahun depan Smartfren akan menambahkan 6.000 BTS. Tapi, BTS tersebut tidak akan terfokus pada wilayah Timur Indonesia saja.

6.000 ribu BTS yang disiapkan untuk tahun depan, kata Djoko, 2.000-nya akan dialokasikan untuk wilayah Timur. Meski sudah menyatakan minatnya terhadap Palapa Ring Timur, Smartfren belum bisa menjabarkan jumlah daerah yang akan ditambah dengan memanfaatkan tol langit ini.

Namun, dia mengatakan sebagian tempat yang dilalui Palapa Ring Timur nanti akan coba dikembangkan oleh mereka.

"Jumlahnya sedang diatur. Kan itu harus BTS baru karena kita belum hadir di sana," ujarnya.

Soal tarif Palapa Ring sendiri, Smartfren akan mengikuti yang diberlakukan pemerintah. Tapi, Smartfren berharap tarifnya bisa tidak terlalu mahal. Sehingga pengguna bisa merasakan tarif internet yang murah.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda