Samsung Pay Hadir di Indonesia, Kolaborasi Bareng GoPay dan DANA

Dini Listiyani ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 20:40 WIB
Samsung Pay Hadir di Indonesia, Kolaborasi Bareng GoPay dan DANA

Samsung Pay hadir di Indonesia. (Foto: iNews.id/Samsung Pay)

JAKARTA, iNews.id -  Usai diperkenalkan awal tahun ini, Samsung Pay debut di Indonesia hari ini. Menggandeng DANA dan GoPay, Samsung Pay akan menjadi wadah yang mempermudah konsumen menggunakan layanan uang digital.

Riset Kadence Indonesia di 2019 menyebutkan sebanyak 57 persen pengguna smartphone mempunyai uang elektronik, baik dalam aplikasi maupun kartu fisik. Hampir semuanya memiliki lebih dari satu aplikasi uang elektronik.

Kepemilikan lebih dari satu aplikasi uang elektronik didasari pada kebiasaan pengguna yang memilih uang elektronik tergantung pada transaksi yang akan dilakukan. Berdasarkan kebiasaan ini, Samsung mengeluarkan Samsung Pay.

"Seiring pesatnya penggunaan dompet digital di Indonesia, 20 persen pemilk dompet digital secara rutin menggunakan lebih dari satu uang elektronik berbasis aplikasi. Samsung Pay menggabungkan beberapa pembayaran elektronik dalam satu aplikasi agar konsumen semakin mudah melakukan transaksi,” kata IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronics Indonesia Bernard Ang dalam keterangannya, Kamis (10/10/2019).

Jadi, Samsung Pay ini bukan uang elektronik, tapi aplikasi dalam smartphone Samsung yang menyediakan akses cepat ke berbagai uang elektronik. Dalam hal ini, uang elektronik yang dimaksud adalah DANA dan GoPay.

Ya, Samsung memang berkerja sama dengan DANA dan GoPay untuk Samsung Pay. Menurut Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata, kolaborasi bersama Samsung Pay akan mempermudah dan menyederhanakan pengalaman pengguna dalam bertransaksi di ratusan ribu rekan usaha mereka.

Sementara Chief Executive Officer DANA Vincent Iswara mengatakan, kolaborasi ini merupakan bukti perkembangan signifikan yang telah dilalui DANA sebagai pemain lokal termuda di industri teknologi financial di Tanah Air.

Samsung Pay sudah terintegrasi dengan akun DANA yang ada. Menyusul DANA, GoPay baru akan tersedia di Samsung Pay pada 2020 nanti untuk akses pembayaran.

Di samping itu, Samsung juga mempermudah penggunanya melakukan pembayaran melalui dompet digital pilihan mereka. Hanya dengan melakukan swipe up baik dari home screen maupun saat smartphone sedang terkunci, pengguna sudah bisa memilih dompet digital mereka.

Saat ini, Samsung Pay sudah terdapat pada seri Galaxy A terbaru dan jajaran Galaxy Note 10. Bagi pemilik Samsung Galaxy seri lain dengan basis OS Android Pie dapat mengunduh Samsung Pay melalui Play Store dan Galaxy Store.


Editor : Tuty Ocktaviany

TAG : samsung