Tarif Sewa Palapa Ring Barat Akan Ditetapkan Pekan Depan

Dini Listiyani ยท Selasa, 04 September 2018 - 19:34 WIB
Tarif Sewa Palapa Ring Barat Akan Ditetapkan Pekan Depan

Tarif sewa Palapa Ring Barat. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) telah merampungnya Palapa Ring Barat. Harga tarif Palapa Ring Barat rencananya diumumkan pekan depan.

BAKTI akhirnya mendapatkan kewenangan untuk menentukan tarif sewa Palapa Ring Barat. Sebelumnya, penentuan tarif ini sempat mandek di Kementerian Keuangan.

"Sebenarnya setiap tarif dari BLU itu harus ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Namun karena Kemenkeu mengantisipasi ini (Palapa Ring) persoalan teknologi, melimpahkan kewenangan itu kepada BAKTI untuk menetapkan," kata Dirut BAKTI Anang Latif usai Raker dengan Komisi I DPR RI, Selasa (4/9/2018).

Lebih lanjut Anang menargetkan, penetapaan tarif sewa itu akan keluar minggu depan. Untuk menentukan harga tarif sewa Palapa Ring, BAKTI memiliki beberapa formula seperti harga pasar dan jumlah pemain yang bermain di satu lokasi.

"Skema ini berbeda dengan komersial. Skema komersial, makin banyak pemain semakin murah harganya. Nah, karena itu bergerak di daerah non-komersial justru makin banyak pemain, menunjukkan ekonomi di daerah itu bagus sehingga diskonnya menjadi berkurang," ujarnya.

Sejauh ini, ada sebanyak delapan operator yang berniat untuk paket Barat. Di antara mereka ada operator seluler, tapi Anang tidak menyebutkan namanya.

"Mereka berkepentingan untuk membangun BTS mereka," ujarnya.

Sekadar informasi, Palapa Ring merupakan usaha pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjangkau daerah pelosok dengan internet. Ada tiga paket yang ditawarkan, yakni Barat, Tengah, dan Timur.

Paket Barat telah dirampungkan 100 persen awal tahun ini. Sedangkan untuk paket Tengah dijadwalkan rampung pada September dan Timur akhir tahun ini.

Editor : Tuty Ocktaviany