Belanja di Pasar Terapung Lok Baintan, Wisata Unik di Atas Perahu

Vien Dimyati ยท Selasa, 27 November 2018 - 10:48 WIB
Belanja di Pasar Terapung Lok Baintan, Wisata Unik di Atas Perahu

Wisata belanja unik di atas perhau. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Menikmati keindahan alam Pulau Kalimantan, Anda akan disajikan pemandangan alam yang masih natural. Termasuk salah satunya dapat menikmati keunikan berwisata di atas perahu sambil berbelanja.

Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai yang berkelok-kelok di sepanjang kota. Tidak heran jika di sana juga terdapat pasar terapung yang fenomenal, Lok Baintan.

Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura adalah pasar terapung tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang, kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan.

Bagi traveler yang ingin merasakan berwisata ke pasar terapung ini, Anda bisa mengunjungi Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Mirip dengan di Thailand, Lok Baintan menjadi pemandangan yang jarang Anda temui di perkotaan.

"Belum ke Banjarmasin namanya kalau belum ke pasar terapung. Saya bisa nemu apa saja di sini dari bahan mentah sampai jadi. Penjual-penjual di sini kalau ngerayu mantep banget, mereka ngasih pantun juga. Hahaha. Kita boleh loh naik ke perahu mereka sambil foto-foto, free kok tapi paling tidak belilah dagangan mereka walaupun sedikit. Saya sih bawa ikan gabus khas Kalimantan. Dan jangan lupa harus ke sini pagi-pagi. Karena jam 8 atau jam 9 mereka udah bubar," tulis Instagram Genpi_id, seperti dikutip Selasa (27/11/2018).

Berada di pasar terapung ini, wisatawan akan disajikan dengan aktivitas pedagang yang menjual hasil pertanian dan perkebunan. Jika musim panen tiba, kumpulan pedagang di pasar terapung akan lebih ramai.

Pedagang di sini menjual buah-buahan dan sayuran segar. Bahkan jajanan pasar dan tradisional dapat Anda temui di sini. Jika perut lapar, traveler juga dapat mencicipi masakan tradisional Banjar, yaitu soto Banjar dan ketupat Kadangan.

Waktu terbaik berkunjung ke pasar ini adalah Jumat pagi. Tak hanya dipenuhi wisatawan lokal. Wisatawan mancangera juga suka datang ke sini dan menyewa perahu motor khas Kalimantan, Klotok.

Ada dua alternatif untuk menuju pasar terapung ini. Pertama via sungai dengan menggunakan Klotok di sekitar Sungai Martapura. Kedua, via daratan untuk menuju lokasi pasar terapung Lok Baintan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Bagaimana, apakah Anda tertarik berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan?


Editor : Adhityo Fajar