Manfaat Minyak Cengkeh, Berpotensi sebagai Antikanker

Melati Pratiwi ยท Jumat, 16 September 2022 - 18:20:00 WIB
Manfaat Minyak Cengkeh, Berpotensi sebagai Antikanker
Mengenal Manfaat Minyak Cengkeh (Foto: EMShop)

JAKARTA, iNews.id - Minyak cengkeh adalah minyak esensial yang berasal dari pohon cengkeh (Syzygium aromaticum). Minyak ini diproduksi dengan mengekstraksikan kuncup bunga cengkeh kering. Minyak cengkeh memiliki warna kuning pucat hingga coklat keemasan, dan memiliki aroma pedas yang kuat.

Minyak ini kaya akan fenilpropanoid, yang merupakan suatu kelompok senyawa dari tumbuhan dengan senyawa utamanya, yaitu eugenol. Senyawa bioaktif lainnya yang terdapat dalam minyak cengkeh, yakni timol, carvacrol, dan cinnamaldehyde. Adapun manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan, di antaranya:

Mengatasi jerawat

Minyak cengkeh dipercaya dapat mengatasi jerawat karena memiliki sifat antimikroba yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan jerawat, bisul, ruam, lepuh, dan impetigo. 

Dalam mengobati jerawat, Anda dapat mengoleskan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh dan madu pada area kulit yang terkena. Kemudian, bilas dengan air bersih setelah area tersebut kering.

Mengobati infeksi jamur

Eugenol dan carvacrol yang terkandung dalam minyak cengkeh memiliki efek antijamur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Oral Microbiology and Immunology Journal, minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengobati kandidiasis yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Infeksi jamur ini dapat terjadi di mulut, telinga, kuku, hidung, vagina, dan saluran pencernaan. 

Minyak cengkeh juga efektif dalam membunuh parasit usus yang bisa menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya. Anda dapat mengonsumsi minyak ini dalam jumlah sedikit, namun harus di bawah pengawasan dokter.

Mengobati sakit gigi

Sifat antikuman dan anestesi yang dimiliki minyak cengkeh membuatnya sangat efektif untuk meredakan sakit gigi, sakit gusi, dan sariawan. Selain itu, menurut sebuah penelitian, minyak cengkeh dan molekulnya juga efektif dalam mencegah erosi gigi. 

Anda dapat menempelkan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh dan minyak zaitun pada gigi yang sakit. Namun jangan teteskan pada sariawan yang parah dan luka terbuka. Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat. Kedua campuran tersebut juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. 

Mengatasi berbagai masalah kulit

Minyak cengkeh memiliki sifat antiseptik yang berguna untuk mencegah infeksi. Sifat antiseptik ini juga dapat membantu mengobati berbagai masalah kulit, seperti luka, kudis, kutu air, memar, biang keringat, dan gigitan serangga. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan luka terbuka harus berhati-hati dalam menggunakan minyak ini.

Mengurangi mual

Minyak cengkeh dipercaya bisa membantu dalam mengurangi mual dan muntah. Terkadang minyak ini dapat dijadikan sebagai aromaterapi. Dalam menghentikan mual, Anda dapat mengoleskannya pada bantal atau sapu tangan untuk dihirup. Selain itu, minyak ini juga dapat menenangkan dan meredakan pusing.

Meredakan sakit kepala

Minyak cengkeh mengandung banyak flavonoid sebagai agen antiperadangan yang dapat membantu meredakan ketegangan di pembuluh darah. Ketegangan tersebut bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala. Anda dapat mengoleskan campuran minyak cengkeh dan garam pada dahi untuk meredakan sakit kepala.

Mengatasi masalah pernapasan

Minyak cengkeh memiliki efek mendinginkan dan antiperadangan yang banyak digunakan untuk membersihkan saluran hidung agar lebih lega. Efek ekspektoran yang dimilikinya juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah pernapasan, seperti pilek, batuk, asma, bronkitis, dan sinusitis.

Mencegah penyakit kronis

Eugenol dalam minyak cengkeh merupakan antioksidan kuat yang dapat membersihkan radikal bebas. Hal ini tentu dapat mengurangi stres oksidatif dan mencegah terjadinya penyakit kronis. Selain itu, antioksidan yang dimiliki minyak cengkeh juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan berbagai penyakit.

Berpotensi antikanker

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Oncology Research and Treatment Journal, asam oleanolat yang merupakan senyawa bioaktif dalam minyak cengkeh, dapat membantu menurunkan risiko pertumbuhan tumor dalam studi pendahuluan. 

Baik ekstrak cengkeh maupun minyaknya juga dipercaya dapat membantu mengurangi perkembangan kanker. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan klaim ini.

Untuk Anda yang terlalu sulit untuk menemukan minyak cengkih, gunakan saja Shirudo Body Relaxant Pain Reliever. Ini memiliki kandungan 100% bahan natural dan terdapat kandungan clover bud oil di dalamnya.

Yuk, miliki produk ini segera untuk membantu meredakan nyeri otot dan kaku. Selain memiliki manfaat yang besar, produk ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau dan mudah di dapat! Kamu dapat dengan mudah menemukannya di berbagai marketplace kesayangan 

Shirudo Body Relaxant Pain Reliever dapat ditemukan di www.emshop.id atau WA (0815-7438-8000). Anda dapat melihat penawaran produk dan promo lainnya pada laman @officialrcti, @officialmnctv, @officialgtv dan tentunya di @emshop_officials. 

eMSHOP, e-commerce yang berada di bawah MNC Group ini menjadi penyedia kebutuhan sehari-hari terlengkap dan paling mengikuti tren dan minat masyarakat.  

Selain itu, eMSHOP juga memiliki keunggulan lain berupa jaminan kualitas produk original dan paket terlengkap dengan harga bersaing. Juga ada diskon pengiriman di seluruh Indonesia serta layanan service 24 jam yang dapat dihubungi di 1500887. 

Ikuti juga eMSHOP di media social: Facebook (@emshopofficialstore), Twitter (@emshopofficial), Instagram (@emshop_officials), dan Tiktok (@emshop_official).

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda