Mengenal Batik Marunda, Kain Eksotis dengan Motif Flora dan Fauna Jakarta

Vien Dimyati ยท Minggu, 29 September 2019 - 07:01 WIB
Mengenal Batik Marunda, Kain Eksotis dengan Motif Flora dan Fauna Jakarta

Mengenal batik Marunda (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke berbagai daerah belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh koleksi kain Nusantara. Salah satunya batik. Setiap daerah memiliki keunggulannya masing-masing.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan kain tradisional yang berbeda, coba untuk memilih batik satu ini. Namanya batik Marunda. Sesuai dengan namanya, batik ini merupakan karya dari masyarakat yang tinggal di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara.

Melalui Yayasan MEEK Nusantara, batik Marunda ini dibuat menjadi naik kelas, dalam bentuk fashion show. Berkolaborasi dengan Plaza Indonesia, sebanyak tiga desainer yakni SAMASAMA, (X).S.M.L dan Mira Hadiprana for Indonesia menampilkan koleksi terbaru dengan menggunakan batik Marunda. Tema yang diambil adalah Menyentuh Hati Mengubah Hidup dan diselenggarakan di Lamoda, Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Sekretaris Yayasan Meek Nusantara Mira Hadiprana mengatakan, batik ini terlihat unik. Kalau batik khas Jakarta identik dengan tugu Monas. Tetapi kalau batik Marunda memiliki ciri khas flora dan fauna yang ada di Jakarta.

"Batik Marunda motifnya flora dan fauna seperti yang ada di Jakarta. Diciptakan sesuai dengan zaman now. Supaya orang saat memakai merasakan sesuatu yang beda," kata Mira di Jakarta, belum lama ini.

Mira menambahkan, batik Marunda di desain oleh Wendy Sibarani. Tetapi, untuk pewarnaan diserahkan kepada masyarakat Marunda. Maka itu, muncul berbagai aneka warna, dengan warna dasar hitam, merah, orange dan hijau.

"Untuk pewarnaan semua diserahkan kepada perempuan di Marunda. Tidak ada sama sekali dikte. Dibuat sendiri warnanya dengan kepolosan mereka dan batik Marunda ini dikerjakan dengan ketulusan hati," kata Mira.

Adapun motif flora batik Marunda adalah bunga melati, kembang telang dan anggrek. Sedangkan untuk motif fauna, terdapat motif bebek, ikan hiu dan burung kipasan. Motif ini dipilih karena melihat Jakarta banyak menyimpan kekayaan spesies flora dan fauna. Seperti burung kipasan yang banyak terdapat di Pulau Seribu.

"Hasil batik Marunda kreatif dan luar biasa. Kewajiban kami membagikan ke mereka yang membutuhkan dan memberikan dampak positif," kata Zamri Mamat selaku General Manager Marketing Plaza Indonesia.

Editor : Vien Dimyati