Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Bahlil Pamer Pakai Sepatu Kuning Buatan UMKM: Harganya Rp250.000
Advertisement . Scroll to see content

Pilihan Fashion Sepatu untuk Penggemar Olahraga, Ringan dan Fashionable

Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:00:00 WIB
Pilihan Fashion Sepatu untuk Penggemar Olahraga, Ringan dan Fashionable
Penggemar olahraga makin fashionable (Foto: the globe and mail)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Fashion menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat. Mulai dari busana hingga sepatu menjadi indentitas diri dalam penampilan.

Di era media sosial saat ini, fashion menjadi semakin penting untuk menguatkan jati diri. Salah satu konsep diri yang muncul akibat trend fashion di media sosial adalah hypebeast. 

Konsep ini umumnya dilekatkan pada mereka yang gemar menggunakan fashion item unik dan kekinian ala streetwear, mulai dari pakaian, aksesori hingga sneakers.

Itulah mengapa sekarang banyak ditemukan komunitas hypebeast pada fashion item keluaran dalam negeri dengan keunikan dan kedekatan emosi tersendiri dengan pasar lokal. Bahkan, komunitas hypebeast lokal pun tidak kalah militan dengan brand impor.

Salah satunya brand lokal yang belakangan digemari banyak orang adalah Co.Fit Footwear. Ini adalah sneaker lokal asli Surabaya.

Hermawan Sulistyo, Owner Co.Fit melihat adanya tren yang menarik di tengah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun. Pandemi meningkatkan kesadaran masyarakat di perkotaan khususnya akan isu kesehatan. 

"Salah satu buktinya dapat dilihat dari meningkatnya popularitas beberapa aktivitas olahraga seperti cycling, running, dan personal work-out selama pandemi," ujar Hermawan melalui keterangannya belum lama ini. 

Berdasarkan data riset Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), jumlah pesepeda meningkat di Jakarta selama pandemi. Meskipun begitu, tetap ada kebutuhan untuk tampil fashionable dan menunjang penampilan mereka saat berolahraga demi eksistensi di media sosial. 

Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) mencatat, pada 2020 yang lalu industri sepatu di Indonesia berhasil mengalami pertumbuhan hingga 8,97 persen untuk permintaan ekspor. 

Sementara itu, Firman Bakrie, selaku Direktur Eksekutif Aprisindo mengatakan, salah satu penyebab meningkatnya ekspor sepatu adalah perkembangan tren olahraga selama pandemi di seluruh dunia.

Hermawan Sulistyo menambahkan, melihat potensi ini menjadi kesempatan yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

“Pandemi Covid-19 membuat gaya hidup masyarakat urban menjadi gemar berolahraga. Karenanya berbicara tren sepatu saat ini, lebih kepada model sepatu yang ringan, mudah dipadupadankan dengan berbagai outfit tanpa meninggalkan fashion value,” kata Hermawan.

"Kami ingin sepatu ini bisa menyasar dan nyaman untuk mereka yang enerjik namun simpel. Banyak aktivitas tapi tanpa bingung harus berganti sepatu. Sesuai dengan tagline-nya comfort & fit, sepatu ini sangat nyaman (comfort) dan pas (fit) digunakan dalam berbagai aktivitas dengan harga yang sangat terjangkau serta model dan kualitas yang tidak kalah dengan produk import," katanya.

Untuk konsep, dia harus research cukup panjang agar kualitas brand lokal tidak kalah dengan produk luar. Local pride, istilahnya. "Ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kalau produk lokal juga mampu bersaing dengan produk luar," kata pria lulusan ITS ini.

"Kelahiran brand ini tidak dapat dipisahkan dari situasi pandemi Covid-19 yang serba memprihatinkan. Kami ingin mengajak masyarakat untuk tidak menyerah menghadapi kondisi yang sulit ini dengan terus berpikir positif dan kreatif, " ujarnya.

Maka dari itu dia mengadakan campaign #selaluadaide agar masyarakat Indonesia tidak menyerah, selalu berjuang dan menemukan solusi di situasi sesulit apa pun.

Editor: Vien Dimyati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut