Tips agar Pelaku Kreatif Naik Kelas di Era Digital hingga Tembus Pasar Global

Vien Dimyati ยท Jumat, 23 September 2022 - 21:30:00 WIB
Tips agar Pelaku Kreatif Naik Kelas di Era Digital hingga Tembus Pasar Global
Kiat pelaku kreatif naik kelas di era digital (Foto: Corcom)

JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, sektor ekonomi kreatif mengalami dampak signifikan. Hal ini juga berpengaruh kepada pelaku kreatif UMKM di Tanah Air.

Kini, secara perlahan UMKM bisa bangkit dan naik kelas. Salah satu caranya adalah beralih ke era digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pada 2023 ditargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce. Berbagai kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga swasta  terus diupayakan. 

Maka, menurut Sandiaga Uno, dengan adanya digitalisasi diharapkan para UMKM dapat berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global.

"Saya berharap pelaku usaha dapat melakukan transformasi atau go digital. Sebab, saat ini baru belasan juta UMKM yang ter-digitalisasi. Inilah saatnya kita mengambil peran untuk membantu peralihan UMKM menuju era digital," kata dia beberapa waktu lalu.

Benny Kuncoro selalu Direktur Codeshop Indonesia mengatakan, sebanyak 60 persen ekonomi Indonesia disokong oleh UMKM, sehingga jika berbicara digitalisasi ekonomi maka sudah pasti UMKM yang menjadi prioritas digitalisasi tersebut. 

"Digitalisasi ini memiliki banyak manfaat untuk UMKM. Mulai dari kepraktisan penggunaan, hasil perhitungan yang cepat dan teliti, serta sistem terpadu antar divisi," kata Benny.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda