Tren Belanja Offline Naik, Muslim Life Fair Digelar Jelang Ramadhan
JAKARTA, iNews.id - Menurut laporan Google Trends, tren belanja offline di Indonesia mengalami lonjakan signifikan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas sejak awal Ramadhan dan mencapai puncaknya menjelang Idul Fitri.
Konsumen memanfaatkan periode ini untuk mempersiapkan kebutuhan Lebaran, termasuk pakaian baru, makanan khas, dan hadiah untuk keluarga serta kerabat. Meskipun belanja online terus berkembang, pengalaman berbelanja langsung di pusat perbelanjaan tetap menjadi bagian penting dari tradisi Ramadhan dan Idul Fitri.
Sebab itu, menjelang Ramadhan digelar Muslim LifeFair. Event pertama akan dihelat di Revo Mall Bekasi, pada 21-23 Februari 2025.
Dipilihnya Bekasi sebagai rangkaian awal seri Muslim LifeFair (Mufair) tahun ini didasarkan pada hasil survey yang menunjukkan tingginya antusiasme pengunjung dan exhibitor yang menginginkan acara ini hadir di kota tersebut
Menurut Direktur Lima Events, Deddy Andu, Bekasi menjadi destinasi ideal karena memiliki populasi Muslim yang signifikan. “Sebagai salah satu kota besar dengan komunitas Muslim yang kuat, Bekasi merupakan tempat strategis untuk menghadirkan pameran gaya hidup halal,” ujar General Manager PT Lima Event, Zaky Ramadhan dalam keterangan persnya, Kamis (11/2/2025).
Dia menjelaskan Revo Mall dipilih sebagai venue utama karena memiliki area seluas 5.000 m² yang bisa digunakan sebagai lokasi yang memenuhi standar penyelenggaraan Mufair. Selain itu, lokasinya juga strategis dan satu-satunya mal di bekasi yang terkoneksi langsung dengan Stasiun LRT, sehingga memudahkan akses bagi pengunjung dari berbagai daerah.
Muslim LifeFair tidak hanya menjadi ajang belanja, tetapi juga destinasi yang menghadirkan pengalaman berkesan. Dari kajian ilmu, interaksi komunitas, hingga kajian muamalah yang semuanya dirancang untuk memperkuat persiapan spiritual dan sosial menyambut Ramadhan.
“Setiap gelaran Mufair, kami mengangkat tema aktual untuk memenuhi kebutuhan umat. Seperti dalam momen jelang Ramadhan dan Idul Fitri ini, kami mengusung tema Bekal Ramadhan, bertujuan agar umat muslim lebih mempersiapkan bekal terbaiknya baik dari sisi ilmu agama, muamallah, kesehatan, parenthing, membangun ukhuwah dalam komunitas hingga bekal belanja kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri sehingga kita bisa fokus menjalankan ibadah puasa,” katanya.
Muslim LifeFair Bekasi menghadirkan sekitar 100 brand dari 150 booth meliputi produk fashion ikhwan & akhwat, kuliner halal, travel umroh, hingga sekolah Islam. Berbagai lomba juga akan digelar untuk menambah semarak persiapan Ramadhan, seperti lomba mewarnai dan lomba Hifdzil Qur’an.
“Sebagai bagian dari rangkaian pra-event, insyaAllah akan diselenggarakan kegiatan Bakti Sosial dengan menyalurkan sekitar 500 paket sembako bagi masyarakat kurang mampu di Muara Gembong, Bekasi. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan Muslim Life Fair dapat menjadi ajang yang tidak hanya berorientasi pada pameran dan perdagangan, tetapi juga membawa keberkahan melalui aksi nyata dalam membantu sesama,” ujar Deputy General Manager PT Lima Event, Fachrul Azmi.
Editor: Dani M Dahwilani