4 Air Terjun Menawan di Lumajang, Nomor 3 Mirip Niagara di Kanada

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 12 Juli 2020 - 12:10 WIB
4 Air Terjun Menawan di Lumajang, Nomor 3 Mirip Niagara di Kanada

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu (Foto : Instagram @droneofficial)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata Jawa Timur tidak hanya soal Malang dan Surabaya saja. Di sana juga terdapat daerah yang menyimpan banyak lokasi wisata keren dan belum banyak orang yang tahu.

Terutama jika Anda singgah ke daerah yang bernama Lumajang. Daerah ini menawarkan pesona alam yang istimewa. Tak hanya pegunungan yang asri nan hijau, Lumajang juga punya sederet air terjun yang indah.

Jika pandemi Covid-19 sudah usai, jangan lewatkan untuk menjelajahi air terjun eksotis di Lumajang ini.

Berikut adalah sejumlah air terjun di Lumajang dengan pemandangan yang menawan, dirangkum, Minggu (12/6/2020)

1. Air Terjun Kapas Biru

Air terjun Kapas Biru terletak di tengah rimbunnya pepohonan hijau dan tebing yang tinggi menjulang. Penamaan air terjun ini juga cukup unik yakni aliran air terjun yang deras dan berwarna putih mewakili frasa 'kapas'. Sementara, 'biru' diambil dari kesan warna kebiruan jika air terjun ini dilihat dari kejauhan.

2. Air Terjun Coban Sriti

Destinasi wisata bertema air terjun lainnya juga bisa ditemukan di Lumajang. Bernama Coban Sriti, air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini berasal dari dua aliran sungai, yaitu Sungai Besukbang dan Glidik atau Sungai Lengkong.

Kesan megah muncul karena lokasi jatuhnya air Coban Sriti berada di dalam tebing hijau yang mengelilinginya. Meski begitu, pengunjung disarankan tidak mandi di bawah guyuran air terjun tersebut.

3. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun ini menjadi salah satu 'Niagaranya' Indonesia. Namun, banyak traveler menyebut Tumpak Sewu memiliki pemandangan yang lebih epik dibanding Air Terjun Niagara yang asli di Kanada.

Aliran air yang melewati sela-sela dinding tebing dan membentuk tirai, menjadi pemandangan istimewa di Air Terjun Tumpak Sewu ini. Tak hanya itu, hawa yang sejuk membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di lokasi wisata ini.

4. Air Terjun Kabut Pelangi

Keistimewaan air terjun ini adalah adanya kabut tipis yang disebut halimun. Tak hanya itu, kadang-kadang ada pelangi yang muncul di sekitar air terjun ditambah udara segar dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama.

Editor : Vien Dimyati