4 Destinasi Terangker di Indonesia, Nomor 2 Sering Dijadikan Wisata Instagramable

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 09 April 2020 - 18:50 WIB
4 Destinasi Terangker di Indonesia, Nomor 2 Sering Dijadikan Wisata Instagramable

Wisata mistis di Indonesia (Foto : Instagram@rizkymuhammad2710)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu kegiatan yang bisa merefresh pikiran adalah dengan mengunjungi tempat wisata. Namun, apa jadinya jika lokasi wisata yang didatangi ternyata memiliki kisah mistis.

Menariknya, lokasi wisata yang menyimpan aura mistis, justru lebih banyak dikunjungi wisatawan. Entah karena penasaran atau sekadar ingin tahu.

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata paling mistis dan terkenal di Indonesia yang sudah dikumpulkan iNews.id dari berbagai sumber:

1. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo yang terletak di Bantul memiliki kisah mistis yang sangat kuat karena sering disebut sebagai gerbang menuju istana Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Namun, jika dilihat dari eksotismenya, tidak ada yang mengira pantai ini menawarkan pemandangan yang mengesankan.

Mulai dari Gumuk Pasir hingga pantai yang berpasir hitam dengan gelombang besar khas Laut Selatan memberikan nuansa luar biasa. Jika ingin bertamasya dengan sedikit nuansa mistis dan horor di Yogyakarta, Anda wajib datang ke Pantai Parangkusumo.

2. Lawang Sewu

Siapa yang tak kenal dengan Lawang Sewu. Gedung peninggalan Belanda ini diklaim memiliki banyak pintu, bahkan dipercaya jumlahnya mencapai 1.000, maka itu disebut Lawang (pintu) Sewu (Seribu).

Berlokasi di Simpang Lima, Semarang, Lawang Sewu menawarkan sensasi wisata yang unik. Meski dikunjungi siang hari, suasana mistis sudah sangat terasa saat berada di pintu gerbangnya. Apalagi jika didatangi saat malam hari.

Banyak pengunjung yang bercerita tentang keangkeran Lawang Sewu, salah satunya adalah keberadaan Noni Belanda yang sering berseliweran di lantai 2. Tak hanya itu, di bagian pinggir dekat selokan, selalu tercium bau amis darah yang konon bekas pembuangan jenazah. Menariknya, tempat ini kerap dijadikan wisata Instagramable di kalangan wisatawan.

3. Taman Festival Sanur

Tempat ini merupakan theme park yang terbengkalai dan penuh belukar dengan wahana permainan yang sudah rusak, bahkan hilang dari tempatnya.

Nuansa mistis makin terasa mulai dari cat tembok yang terkelupas hingga banyaknya grafiti dan mural yang tercoret di hampir setiap dinding. Rangka atap bangunan yang tidak tersisa menambah atmosfer mengerikan dari tempat ini.

4. Gua Jepang, Bandung

Gua Jepang yang terletak di wilayah Tahura Ir. Djuanda, Dago Atas, Bandung ini menyimpan suasana yang horor. Nuansanya semakin terasa saat mengetahui sedikit sejarah dari keberadaan gua ini, yaitu tempat di mana banyak orang meninggal karena kebrutalan romusha Jepang. Lorong panjang dan gelap, juga sedikit berliku ini menjadi titik akhir hidup ratusan orang sebelum menjemput ajal.

Itulah beberapa lokasi wisata mistis yang terdapat di Indonesia. Bagaimana, tertarik mengunjunginya?

Editor : Vien Dimyati