4 Spot Menarik di Baturaden, No 2 Pancuran Air Panas Bisa Sembuhkan Penyakit Kulit

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 19:04 WIB
4 Spot Menarik di Baturaden, No 2 Pancuran Air Panas Bisa Sembuhkan Penyakit Kulit

Pancuran Pitu di Baturaden jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram @latiefshafi)

JAKARTA, iNews.id - Jawa Tengah terkenal akan tempat-tempat wisata yang terbentuk oleh cerita sejarah, misalnya Baturaden. Lokasi wisata yang terletak di Purwokerto ini layaknya Puncak di Bogor.

Baturaden terbentuk dari kisah cinta antara Suta, seorang perawat kuda milik Adipati Kutaliman dengan putri Adipati Kutaliman yang berdarah bangsawan. Namun, bukan cerita itu yang akan dibahas melainkan spot-spot wisata apa saja yang ada ditawarkan. Berikut adalah ulasannya, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (30/6/2020).

1. Kebun Raya

Di dalam Baturaden, pengunjung akan disuguhkan suasana asri yang sejuk kerena dikelilingi oleh banyak pepohonan yang menjulang tinggi dan berbagai tumbuhan dan bunga. Tak heran jika lokasi ini disebut Kebun Raya Baturaden.

Sebelum masuk ke Kebun Raya Baturaden, pengunjung biasanya ditawarkan sebuah kuliner unik yakni sate kelinci yang rasanya enak dan empuk, tak kalah dengan sate ayam.

2. Pancuran Pitu

Selain kebun raya, Baturaden juga terkenal dengan adanya Pancuran Pitu (tujuh). Sesuai namanya, Pancuran Pitu berarti pancuran tujuh yang berasal dari tujuh aliran air yang mengandung belerang dan bersuhu panas.

Pengunjung bisa mencuci muka, tangan dan kaki karena diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit kulit.

Untuk sampai di Pancuran Pitu itu, traveler harus memiliki tenaga ekstra, karena banyaknya ratusan anak tangga hingga sampai ke tujuan. Namun tak perlu khawatir, di sekitar Pancuran Pitu banyak yang menawarkan jasa pijat.

3. Goa Selirang

Jika pengunjung kurang puas dengan pemandangan Pancuran Pitu, di samping kiri dengan sedikit menuruni puluhan anak tangga akan disuguhkan dengan Goa Selirang. Panorama di goa ini sangat indah, yakni berwarna kuning dan terdapat air terjun yang hangat.

4. Telaga Sunyi

Dinamakan Telaga Sunyi karena letaknya yang terpencil dan jauh dari keramaian. Sebelum masuk ke Telaga Sunyi, pengunjung akan disuguhi banyak pepohonan yang menjulang tinggi. Pemandangan Telaga Sunyi bisa dibilang sangat cantik karena terdapat mata air yang berwarna biru dengan perpaduan batu-batu besar dan air terjun.

Bagi pelancong yang suka berfoto selfie di bawah air, Telaga Sunyi menjadi lokasi yang tepat karena airnya yang jernih dan berwarna biru menjadikan foto semakin estetik dan cantik.

Editor : Tuty Ocktaviany