5 Destinasi Ini Terkenal Eksotis, Paling Diincar Pendaki dan Pesepeda

Vien Dimyati ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 21:32 WIB
5 Destinasi Ini Terkenal Eksotis, Paling Diincar Pendaki dan Pesepeda

Tempat wisata yang banyak diincar pendaki dan pesepeda (Foto : Instagram@indtravel)

JAKARTA, iNews.id - Menyambut new normal, beberapa tempat wisata mulai dibuka untuk wisatawan. Salah satunya objek wisata alam. Menikmati alam bebas dengan suasana alami menjadi incaran wisatawan saat new normal.

Bahkan, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Booking.com, hampir 83% wisatawan Indonesia memilih area pegunungan saat memilih destinasi liburan.

Faktanya, sekira 79% wisatawan Indonesia ingin aktif kembali berlibur. Sedangkan bagi 68% wisatawan Indonesia memilih destinasi dengan rute pendakian yang menakjubkan, dan bagi 59% wisatawan memilih jalur bersepeda yang seru dekat destinasi wisata.

Ingin tahu di mana saja tempat wisata yang cocok bagi para pendaki dan penggemar wisata bersepeda? Berikut ulasannya dirangkum dari Booking.com:

Gunung Kelimutu, Flores

Wisatawan yang ingin menjelajahi jalur yang jarang dilewati, mengejar matahari terbit di Gunung Kelimutu Flores, hingga berada di ketinggian 1,639 mdpl menjadi impian para pendaki. Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan yang merupakan salah satu keajaiban alam. Para penjelajah akan disambut oleh megahnya danau tiga warna yang terletak di antara tiga kawah gunung berapi. Bervariasi dari warna biru cerah hingga coklat, tergantung pada musim tiap tahun. Bersiaplah di saat fajar, saat gerbang terbuka pada pukul 04.30 dan mulailah petualangan Anda menikmati keindahan panorama pegunungan.

Gunung Batur, Bali

Bagi mereka yang gemar memacu adrenalin di kegiatan luar ruangan, tur mendaki dan bersepeda di sekitar Gunung Batur, Bali adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Tempat ini tertutup kabut tebal di dini hari, memberi kesan melayang di atas awan. Nikmatilah sinar matahari pagi yang indah sambil menjelajahi kawah gunung berapi di pegunungan. Apakah ini kunjungan pertama Anda ke Bali atau sudah beberapa kali berwisata sebelumnya, Gunung Batur harus ada di daftar teratas destinasi liburan Anda.

Gunung Rinjani, Lombok

Lombok adalah surga bagi penjelajah dan wajib dicoba bagi pendaki. Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Gunung Rinjani juga merupakan puncak paling terkenal di Indonesia. Walupun terletak 3,726 m di atas permukaan laut, orang tidak perlu menjadi pendaki berpengalaman untuk mencapai puncaknya. Salah satu tempat paling populer untuk pendaki adalah Danau Segara Anak. Dengan perairan biru jernih, keindahan tempat ini tak terlupakan.

Desa Borobudur, Yogyakarta

Menjelajahi Yogyakarta dengan sepeda adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan fantastis. Anda akan menemukan rute bersepeda menakjubkan yang jarang terlewati oleh wisatawan lain. Bersepeda di desa Borobudur merupakan perpaduan pengalaman berolahraga yang menyenangkan dengan pemandangan yang indah. Rute bersepeda ini dikelilingi pedesaan hijau yang subur, sawah, pertanian, dan rumah-rumah tradisional.

Bukittinggi, Sumatera Barat

Kota Bukittinggi yang berbukit memiliki banyak pemandangan indah untuk dijelajahi. Yang wajib dikunjungi bagi penggemar bersepeda adalah Ngarai Sianok. Ini merupakan tempat menakjubkan, lembah sempit dikelilingi tebing dan aliran air yang mengalir tepat di tengah menciptakan pemandangan spektakuler. Selain bersepeda, trekking, atau jalan-jalan, Anda juga dapat duduk dan menikmati ketenangan yang ditawarkan di lokasi ini.

Penelitian ini dilakukan oleh Booking.com dan secara independen dilakukan di antara sampel orang dewasa yang telah melakukan perjalanan dalam 12 bulan terakhir/berencana untuk melakukan perjalanan dalam 12 bulan ke depan.

Total 22.000 responden disurvei (termasuk 1.000 dari Australia, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, Jepang, Cina, Brasil, India, AS, Inggris, Rusia, Indonesia, Kolombia dan Korea Selatan.

Selain itu, 500 masing-masing dari Selandia Baru, Thailand, Argentina, Belgia, Kanada, Denmark, Hong Kong, Kroasia, Taiwan, Meksiko, Belanda, Swedia, Singapura, dan Israel). Responden menyelesaikan survei online antara 9 Agustus hingga 28 Agustus 2019.

Editor : Vien Dimyati