5 Fakta Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung, Ada Danau Unik Bisa Berubah Warna

Vien Dimyati ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 12:33 WIB
5 Fakta Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung, Ada Danau Unik Bisa Berubah Warna

Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Bandung selalu saja dapat memikat wisatawan untuk berkunjung. Tak hanya memiliki objek wisata pegunungan, dan air terjun. Bandung juga menyimpan objek wisata fenomenal, yaitu Kawah putih Ciwidey.

Namun sayangnya, kawasan wisata ini sedang mengalami musibah kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran tersebut meluas hingga 15 hektare. Untuk sementara, kawasan ini ditutup untuk wisatawan.

Meski sedang mengalami kebakaran hutan, tidak ada salahnya Anda mengetahui fakta-fakta keindahan objek wisata Kawah Putih Ciwidey yang bisa membuat wisatawan takjub. Ingin tahu apa saja keunikan objek wisata Kawah Putih Ciwidey? Berikut ulasannya seperti dirangkum Selasa (8/10/2019).

Warna Putih Alami

Warna putih di Kawah Ciwidey terjadi secara ilmiah. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga memiliki warna putih kehijauan. Berada di sini, Anda akan merasakan suasana magis dari kawah berkabut. Kawahnya didominasi warna putih, cocok untuk Anda yang suka berburu spot foto Instagramable.

Jadi Lokasi Film Heart 2006

Karena keindahan dan keromantisannya yang sangat memesona, kawah ini kerap dijadikan background fotografi, film, melukis, dan juga prewedding. Salah satu contoh film yang menjadikan kawah putih sebagai latar belakang adalah film 'Heart' yang diperankan oleh Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir.

Terbentuk dari Letusan Gunung Patuha

Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad 10 dan 12. Berada di kawasan ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang cantik.

Air Danau Berubah Warna

Berada di Kawah Putih Ciwidey, sudah pasti Anda akan melihat panorama danau yang cantik. Menariknya, air danau di sini dapat berubah warna sesuai kadar belerang yang terkandung, suhu, hingga karena cuaca. Berada di Kawah Putih, Anda akan melihat keunikan danau yang berubah warna, seperti hijau apel, kebiru-biruan, coklat susu, hingga berwarna putih berkabut.

Sunan Ibu's Sunrise Viewing

Salah satu spot paling populer dikunjungi wisatawan adalah Sunan Ibu's sunrise viewing point. Spot ini paling favorit di kalangan traveler pencinta fotografi untuk berburu sunrise. Sunan Ibu Kawah Putih atau juga dikenal dengan nama Sunan Ibu's sunrise viewing point merupakan daya tarik objek wisata Kawah Putih. Pengunjung dapat menikmati keindahan Kawah Putih dari atas dan dapat melihat keindahan matahari terbit dari ketinggian 2430 mdpl. Tempat ini dibuka dari pukul 04.00 WIB untuk melihat view matahari terbit.


Editor : Vien Dimyati