5 Negara Ini Izinkan Turis Masuk Tanpa Karantina, No 2 Tempat Lahir Cristiano Ronaldo

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 18:43 WIB
5 Negara Ini Izinkan Turis Masuk Tanpa Karantina, No 2 Tempat Lahir Cristiano Ronaldo

Wisatawan tidak dikarantina di negara Ini (Foto : idealista)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah negara masih menerapkan lockdown di mana turis asing dilarang untuk masuk ke dalam wilayah tersebut lantaran pandemi Covid-19. Namun, ada beberapa negara yang mempermudah wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Berikut adalah negara-negara yang mengizinkan turis asing masuk ke wilayahnya tanpa pemeriksaan ketat yang sudah iNews.id kumpulkan dari beberapa sumber, Kamis (4/6/2020).

1. Italia

Italia menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus virus corona tertinggi di dunia. Tetapi, negara dengan Ibu Kota Roma ini tidak menerapkan aturan karantina terhadap turis asing. Namun, turis yang ingin masuk ke wilayah Italia, harus mengisolasi diri selama 14 hari di negara keberangkatan.

2. Portugal

Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa mengatakan, tidak ada wilayah di Portugal yang akan membuat turis mengasingkan diri. Termasuk untuk daerah Madeira. Turis yang masuk ke Portugal wajib di tes virus corona selama 72 jam dengan hasil negatif.

3. Spanyol

Hingga saat ini, Spanyol masih menerapkan aturan karantina wajib selama dua minggu. Namun, kebijakan tersebut akan dicabut mulai 21 Juni dan seterusnya serta mengizinkan turis asing masuk.

Bagi turis asing yang masuk ke Spanyol tidak akan diperintahkan untuk mengisolasi diri. Hal ini dilakukan untuk serangkaian uji coba dengan melibatkan wisatawan dengan tingkat penularan virus corona yang rendah.

4. Austria

Austria hanya melakukan tes virus corona bagi wisatawan yang baru mendarat di bandara terbesar di Austria, Bandara Internasional Wina. Pemeriksaan ini hanya memakan waktu tiga hingga enam jam.

Dengan biaya sekitar Rp3 juta, wisatawan yang hasil tesnya negatif akan diizinkan masuk tanpa karantina. Namun jika positif, mereka wajib di karantina selama dua pekan di sana.

5. Islandia

Sama seperti Austria, pemerintah Islandia juga melakukan tes wajib virus corona saat turis asing masuk ke wilayahnya. Tes ini akan dilakukan di Bandara Internasional Keflavik mulai 15 Juni 2020.

Penumpang yang dinyatakan negatif bisa langsung masuk ke Islandia tanpa melakukan karantina. Selain itu, mereka yang membawa sertifikat medis juga otomatis masuk ke negara dengan aplikasi pelacakan yang digunakan selama masa tinggal.

Editor : Vien Dimyati