5 Tempat Wisata Instagramable di Palembang, Intip Pagoda Tua di Pulau Kemaro

Vien Dimyati ยท Selasa, 17 September 2019 - 07:27 WIB
5 Tempat Wisata Instagramable di Palembang, Intip Pagoda Tua di Pulau Kemaro

Tempat wisata Instagramable di Palembang (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tak hanya kuliner yang bisa Anda incar saat travelling ke Palembang. Ternyata, Palembang juga memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dijelajahi.

Kota Pempek ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Tidak hanya keindahan alam pegunungan, pantai, hingga budaya yang dapat memikat wisatawan. Ternyata Palembang juga memiliki banyak spot wisata Instagramable.

Apa saja objek wisata Instagramable di Palembang, berikut ulasannya, seperti yang dirangkum Selasa (17/9/2019).

Jembatan Ampera

Bisa dibilang Jembatan Ampera adalah ikon Kota Palembang. Konon, liburan Anda di Palembang belum sempurna sebelum mengunjungi tempat ini. Jembatan yang terletak di titik nol kilometer ini merupakan penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Jembatan yang pernah dijadikan sebagai pusat maritim ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Di sini, Anda dapat berburu sunrise ataupun sunset. Di malam hari jembatan ini begitu indah dan semarak. Asyiknya, dari berbagai sisi, gambar yang dihasilkan akan tampak sempurna.

Jalan Sekanak

Jalan Sekanak berada cukup dekat dari Jembatan Ampera. Kawasan ini menjadi tempat favorit pencinta swafoto. Maklum saja, di tempat ini Anda akan menemukan banyak bangunan kuno bergaya arsitektur Belanda. Meskipun telah berumur puluhan tahun, bangunan di kawasan ini masih berdiri kokoh dan terawat.

Salah satu spot yang paling banyak dijadikan latar belakang adalah bangunan tua bekas gedung Van Jacobson Van Den Berg. Dulunya, perusahaan ini bergerak di bidang ekspor dan impor karet dan kopi.

Pulau Kemaro

Pulau Kemarau terletak sekitar 6 kilometer dari Jembatan Ampera. Pemandangan yang disuguhkan Pulau Kemaro sangat cantik dan memesona. Untuk mencapai pulau ini, Anda dapat menggunakan perahu kayu atau boot.

Di tempat ini, tepatnya di dalam Klenteng Hok Tjing Rio terdapat makam putri Palembang, Siti Fatimah. Anda dapat berkeliling menikmati pesona pagoda 7 lantai sembari berfoto. Dijamin hasil gambar Anda akan tampak lebih memukau.

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang atau disingkat Monpera ini merupakan tempat wisata Instagramable yang populer di kalangan anak muda. Monpera menjadi saksi bisu sejarah pertempuran lima hari lima malam melawan tentara Belanda. Bangunan ini memiliki delapan lantai dengan bentuk menyerupai segi lima. Uniknya, semakin ke atas bentuk bangunan akan semakin sempit. Lantai teratas memiliki sudut sekitar 90o dan menawarkan panorama Kota Palembang 360o. Cukup banyak spot foto yang dapat Anda coba, baik di dalam maupun luar ruangan. tempat ini sangat bagus untuk dijadikan latar belakang.

Pondok Pesantren Al Iksaniyah Gandung Palembang

Satu lagi tempat yang wajib Anda kunjungi, yakni Pondok Pesantren Al Iksaniyah Gandung. Di tempat ini terdapat Alquran 30 juz terbesar dan pertama di dunia. Alquran ini dibuat menggunakan kayu tembesu yang dipahat dengan indah.

Setiap lembaran Alquran memiliki warna dasar cokelat, sedangkan huruf timbulnya berwarna kuning. Di bagian tepi, tampak motif kembang khas Palembang. Lokasi ini menjadi favorit pengunjung sekaligus kerap dijadikan tempat foto pranikah bertema Islami. Bagaimana, tertarik berburu wisata Instagramable di Palembang?

Editor : Vien Dimyati