5 Tradisi Idul Fitri Berbagai Negara, Ada Wisata Sungai Nil hingga Ziarah Kubur

Vien Dimyati · Minggu, 24 Mei 2020 - 10:03 WIB
5 Tradisi Idul Fitri Berbagai Negara, Ada Wisata Sungai Nil hingga Ziarah Kubur

Tradisi Idul Fitri Berbagai Negara (Foto : BBC)

JAKARTA, iNews.id - Setelah sebulan berpuasa menahan lapar, haus, dan napsu, saatnya umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan suka cita. Ada banyak cara di setiap negara untuk menyambut Lebaran. Masing-masing negara memiliki keunikan tersendiri.

Memang selama Pandemi Covid-19 ini, perayaan Idul Fitri sedikit dibatasi. Tetapi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengintip keunikan tradisi Lebaran di masing-masing negara.

Lantas, seperti apa tradisi yang biasa dilakukan oleh umat Muslim di berbagai negara? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Theholidayspot, Minggu (24/5/2020).

Mesir

Biasanya Muslim yang Mesir merayakan Idul Fitri selama tiga hari. Universitas, sekolah dan kantor pemerintahan diliburkan. Beberapa toko dan restoran juga tutup selama Idul Fitri.

Untuk merayakan Idul Fitri, biasanya masyarakat memulai dengan menyantap mulai camilan kecil dan kemudian melakukan salat Idul Fitri.

Setelah itu akan ada silahturahmi dan menyapa tetangga. Kunjungan keluarga dianggap wajib pada hari pertama Idul Fitri, sehingga mereka dapat menikmati dua hari lainnya untuk menikmati liburan. Bahkan, beberapa orang pergi berlayar ke Sungai Nil atau berwisata. Salah satu tempat favorit yang populer di Mesir ketika Lebaran adalah El Sheikh.

Masyarakat Mesir lebih suka merayakan Idul Fitri dengan orang lain sehingga jalanan selalu ramai pada malam dan hari Lebaran.

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat (AS), sebagian besar Muslim melakukan sholat Ied di pusat-pusat Islam, taman terbuka atau ruang konvensi. Umat ​​Islam dari budaya yang berbeda dengan kebiasaan multi-nasional berkumpul untuk perayaan dan doa.

Umat ​​Muslim biasanya silahturahmi atau mengadakan pesta besar di aula komunitas atau masjid. Masjid-masjid, kadang-kadang, menyewakan taman bagi umat Islam untuk berdoa.

Saat Lebaran, biasanya anak-anak di AS menerima hadiah, dan semuanya akan menikmati hidangan pedas, manis, dan beraroma lain. Banyak Muslim juga memberikan uang kepada mereka yang tidak begitu beruntung.

Bahkan, para Muslim di AS menyewa arena seluncur es, taman hiburan atau pusat aktivitas lain untuk bersenang-senang sepanjang hari.

Perayaan Idul Fitri biasa dilakukan di Pusat Kota Houston, Texas, Pusat Konvensi George R. Brown dan diorganisir oleh Masyarakat Islam Houston Besar.

China

Dari 56 kelompok etnis yang diakui secara resmi di Republik Rakyat Tiongkok, Idul Fitri dirayakan oleh setidaknya 10 kelompok etnis yang mayoritas Muslim. Menurut statistik resmi, kelompok-kelompok ini dikatakan berjumlah hampir 18 juta orang. Beberapa pengamat mengatakan jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

Xinjiang dan Ningxia, menjadi tempat terbanyak penduduk Muslim. Bahkan, Perayaan Idul Fitri dijadikan hari libur di kota ini.

Terlepas dari agama manapun, semua penduduk di kota ini berhak mendapatkan libur resmi tiga hari atau satu hari. Hanya Muslim yang berhak mendapatkan liburan satu hari di luar wilayah mayoritas Muslim.

Idul Fitri dirayakan oleh populasi Han Cina di Provinsi Xinjiang. Mereka biasanya akan mendapatkan pasokan daging sapi, domba dan kambing yang didistribusikan ke rumah sebagai bagian dari program kesejahteraan yang didanai oleh lembaga swasta, publik, dan lembaga pemerintah.

Biasanya, saat Perayaan Idul Fitri, lopulasi Muslim tersebar di seluruh wilayah di Lrovinsi Yunnan akan melakukan perjalanan ke makam Sayyid 'Ajjal setelah salat bersama.

Di sana, mereka akan mengadakan baca Alquran dan membersihkan makam. Di sinilah orang-orang pergi ke kuburan leluhur, menyapu dan membersihkan daerah itu.

Australia

Di Australia, umat Muslim bisa merayakan keagamaan dengan bebas. Sebagian besar perusahaan besar mengizinkan hari libur keagamaan, salah satunya Idul Fitri.

Pada Hari Raya Idul Fitri, Polisi akan memblokir jalan dan mengalihkan lalu lintas agar umat Muslim bisa salat Ied. Biasanya Salat Ied diadakan di tempat terbuka seperti taman bermain atau stadion, di beberapa tempat.

Tradisi di Australia yaitu adanya Konsorsium MEFF Australia dan Festival Idul Fitri Multikultural. Perayaan ini pertama kali digelar di Sydney pada 1987. Festival ini diadakan tak lama setelah Idul Fitri.

Festival ini telah berkembang hingga sekarang dan kerap didatangi oleh puluhan ribu Muslim dan non-Muslim.

Festival ini sekarang telah direproduksi di kota-kota di seluruh Australia. Pekan Raya Idul Fitri terbesar di Melbourne diadakan di Broadmeadows secara umum pada akhir pekan setelah hari Idul Fitri.

Di Ibu Kota Australia, Canberra, Idul Fitri disponsori oleh Polisi Federal Australia yang diadakan pada hari Minggu setelah hari Idul Fitri. Festival ini mencakup wahana untuk anak-anak dan orang dewasa, kuliner dari berbagai negara, dan program budaya.

Somalia

Perayaan Idul Fitri dilakukan oleh komunitas Muslim di Somalia dan bagian Islam lainnya di wilayah Tanduk. Biasanya, perayaan Idul Fitri ditandai dengan jamuan makan lezat. Hidangan khusus khas Somalia ketika merayakan Idul Fitri adalah xalwo (halwo atau halva).

Editor : Vien Dimyati