7 Wisata Kota Tua di Indonesia Tereksotis, Nomor 6 Ada di Jakarta

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 25 November 2020 - 10:05:00 WIB
7 Wisata Kota Tua di Indonesia Tereksotis, Nomor 6 Ada di Jakarta
Wisata Kota Tua (Foto: Instagram @leosuwandi)

JAKARTA, iNews.id - Berwisata ke Kota Tua menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Memang, kawasan Kota Tua sering dijadikan tempat anak-anak muda menghabiskan waktu.

Selain memiliki bangunan berarsitektur kuno, Kota Tua juga menyimpan banyak nilai sejarah yang wajib diketahui.

Tertarik menjelajahi Kota Tua saat liburan bersama keluarga? Berikut adalah tujuh kawasan Kota Tua di Indonesia yang menjadi lokasi wisata bersejarah, dirangkum pada Rabu (25/11/2020).

1. Kota Tua Palembang

Palembang sudah lama dikenal lewat ikon jembatan Ampera yang membelah sungai Musi. Selain jembatan Ampera, banyak tempat ikonik lainnya yang bisa dikunjungi termasuk kota tuanya.

2. Jalan Malioboro, Yogyakarta

Belum ke Yogyakarta kalau belum pernah ke Jalan Malioboro. Jalan dengan panjang hampir 500 meter ini jadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang tengah berlibur di Yogyakarta.

Di sepanjang jalan yang menghubungkan Stasiun Tugu dengan pintu masuk Alun-Alun Malioboro, berjejer ratusan bangunan klasik dengan perpaduan arsitektur Jawa dan Eropa yang semakin menawan saat malam hari.

3. Omah Lowo, Solo

Omah Lowo dibangun pada masa penjajahan Belanda dan memiliki nilai historis yang cukup banyak, mulai dari tempat persembunyian pahlawan kemerdekaan, hingga sempat menjadi kantor haji dan kamar dagang kota Solo.

4. Kota Tua, Semarang

Semarang memang dikenal dengan kota paling bersejarah. Hampir di setiap sudut kota punya cerita masa lalu dan saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu spot yang wajib dikunjungi adalah Lawang Sewu. Selain memiliki nilai sejarah, Lawang Sewu juga menyimpan cerita misteri yang hingga saat ini selalu menarik untuk disimak.

5. Jalan Braga, Bandung

Lokasi jalan Braga tak jauh dari Gedung Merdeka yang terkenal itu. Jalan Braga ramai dikunjungi banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Arsitektur bangunan khas Eropa berdampingan erat dengan trotoar rapi yang jarang di temui di kota-kota besar lain.

6. Kota Tua, Jakarta

Inilah spot wisata yang paling banyak dikunjungi anak-anak muda setiap hari menjelang malam. Terlebih saat weekend.

Bagi pencinta sejarah dan fotografi, wisata ke Kota Tua Jakarta adalah tempat yang tepat karena di sini bisa berkeliling dengan menyewa sepeda onthel sambil berfoto ria dan menikmati aneka kuliner.

7. Jembatan Merah, Surabaya

Selain Semarang, kota yang menyimpan banyak sejarah kemerdekaan adalah Surabaya. Salah satu lokasinya yakni Jembatan Merah.

Dari Jembatan Merah pengunjung bisa berjalan kaki dan melihat-lihat sejumlah bangunan tua bersejarah seperti Masjid Sunan Ampel, Masjid Cheng Hoo, Tugu Pahlawan dan Hotel Yamato.

Editor : Vien Dimyati