Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Terkenal Unik, Lebar bagai Tirai dan Mirip Naga

Vien Dimyati ยท Jumat, 27 September 2019 - 23:16 WIB
Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Terkenal Unik, Lebar bagai Tirai dan Mirip Naga

Air terjun Tumpak Sewu di Lumajang terkenal unik. (Foto: GTV)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara yang memiliki banyak pegunungan, Indonesia menyimpan berbagai objek wisata air terjun eksotis. Air terjun yang ada di setiap daerah, memiliki daya pikat masing-masing.

Lumajang menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki pesona air terjun menakjubkan. Dikelilingi tiga gunung berapi (Bromo, Semeru dan Lemongan), tidak heran jika pesona alam Lumajang bisa membuat wisatawan takjub.

Salah satu objek wisata alam yang dapat dinikmati ketika berada di Lumajang adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun ini berada di perbatasan Kota Malang dan Lumajang. Tepatnya ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

"Keindahan air terjun ini memang sudah lama tersohor hingga ke mancanegara serta masuk ke dalam salah satu air terjun tercantik di Indonesia. Formasi air terjun ini melebar seperti Tirai. Banyak yang menyebut jika air terjun ini di sorot dari bagian atas maka akan tampak seperti seekor Naga. Pepohonan rimbun di sekitar air terjun semakin menambah kesan alami ditambah corak tebingnya yang eksotis," tulis Instagram @indoflashlight dikutip Jumat (27/9/2019).

Air Terjun Tumpak Sewu berada di kaki Gunung Semeru yang notabene sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Tumpak Sewu hampir mirip dengan air terjun yang ada di Kecamatan Pujon, Malang yaitu Air Terjun Grojogan Pitu.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki daya pikat tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, yaitu memiliki banyak sumber mata air. Julukan Tumpak Sewu adalah Air Terjun Nirwana, karena air yang mengalir ke bawah meliuk cantik.

Deburan air yang menghantam tebing-tebing menghasilkan bunyian alami menyejukan. Belum cukup dengan keindahan itu, traveler juga akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang berbentuk setengah lingkaran dengan pepohonan yang rimbun. Terlihat hijau dan asri, sehingga tempat ini menjadi spot terbaik untuk swafoto.

Untuk mencapai Air Terjun Tumpak Sewu, traveler dapat mengambil rute dari terminal Wonorejo Lumajang ke arah Sidomulyo. Desa Sidomulyo berjarak 55 km dari Lumajang. Bagaimana, tertarik ingin menikmati kesegaran air terjun Tumpak Sewu di Lumajang?


Editor : Tuty Ocktaviany