Bali Jadi Destinasi Terbaik Asia 2020 Kalahkan Phuket, Ini Kata Wishnutama

Vien Dimyati ยท Sabtu, 12 September 2020 - 12:03 WIB
Bali Jadi Destinasi Terbaik Asia 2020 Kalahkan Phuket, Ini Kata Wishnutama

Keindahan wisata Bali (Foto: Instagram @travelgraphy_sha)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi menarik di Bali yang terkenal indah dan menakjubkan. Bahkan keindahan Bali terkenal hingga ke mancanegara.

Sebagai destinasi favorit bagi pelancong luar negeri, tidak heran jika Bali terpilih menjadi destinasi terbaik di Asia. Bali kembali mendapat pengakuan dan penghargaan sebagai destinasi wisata terbaik 2020 di Asia versi Tripadvisor.

Bali mendapat peringkat pertama dari 25 daftar destinasi wisata populer di Asia. Bahkan, Pulau Dewata yang terkenal dengan tarian kecaknya ini mengalahkan Phuket dan Bangkok di Thailand, serta Goa di India.

Tripadvisor merupakan platform wisata terbesar di dunia mengumumkan pemenang Penghargaan Travellers Choice untuk Destinasi 2020 pada bulan agustus lalu.

Penghargaan destinasi tahunan kali ini mencakup dua kategori baru.

Pertama, trending yaitu mengenali tujuan yang mendapatkan peningkatan terbesar dalam ulasan positif, minat pemesanan, dan penelusuran selama setahun terakhir.

Kedua, pencarian atau yang sering muncul, yaitu daftar pencarian wisatawan tentang tujuan yang telah mereka simpan untuk perjalanan mereka selanjutnya di Tripadvisor.

"Kami tahu perjalanan terbaik seringkali terinspirasi dan dipandu oleh orang-orang seperti Anda yang pernah ke sana sebelumnya. Pemenang Destinasi yang Sedang Tren dan Sedang Berkembang didasarkan pada tanggapan dan minat yang meningkat dari wisatawan di Tripadvisor dan karenanya merupakan sumber inspirasi dan perencanaan yang luar biasa untuk menemukan tempat baru," kata Neela Pal, Wakil Presiden brand ambassador Tripadvisor.

Menurut Neela Pal tujuan penghargaan ini adalah untuk mencari daftar destinasi wisata unggulan dan yang sering direkomendasikan oleh wisatawan lain untuk dikunjungi di Asia.

Tripadvisor memilih 25 destinasi terpopuler berdasarkan unsur kualitas dan kuantitas dari ulasan dan rating yang diberikan traveler pada 2019.

Sementara itu melalui akun Instagramnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan, dengan terpilihnya Bali sebagai destinasi terpopuler di Asia, dia berharap Pariwisata Indonesia bisa bangkit lagi.

"Walaupun dalam kondisi yang berat karena pandemi ini, Alhamdulillah Bali dipilih menjadi destinasi terpopuler di Asia. Dengan penghargaan ini semoga Bali dan pariwisata negeri kita bisa segera bangkit kembali. Aamiin YRA," tulis Wishnutama, dikutip Sabtu (12/9/2020).

Lantas, apa saja daftar 25 destinasi wisata populer di Asia 2020 versi TripAdvisor? Berikut rangkumannya:

1. Bali, Indonesia
2. Phuket, Thailand
3. Goa, India
4. Bangkok, Thailand
5. Hanoi, Vietnam
6. Hoi An, Vietnam
7. Siem Reap, Kamboja
8. Tokyo, Jepang
9. Kyoto, Jepang
10. Chiang Mai, Thailand
11. Da Nang, Vietnam
12. Beijing, China
13. Kathmandu, Nepal
14. Jaipur, India
15. New Delhi, India
16. Lombok, Indonesia
17. Ho Chi Minh City, Vietnam
18. Hongkong, Hongkong
19. Krabi, Thailand
20. Panay Island, Philipina
21. Bophut, Thailand
22. Shanghai, China
23. Singapore, Singapura
24. Seoul, Korea Selatan
25. Taipei, Taiwan

Editor : Vien Dimyati