Bangkitkan Ekraf, Sandiaga Uno Apresiasi Pertunjukan Gantari di Candi Prambanan

Vien Dimyati · Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:34:00 WIB
Bangkitkan Ekraf, Sandiaga Uno Apresiasi Pertunjukan Gantari di Candi Prambanan
Pertunjukan Gantari sukses digelar (Foto: Kemenparekraf)

Menparekraf menjelaskan, gelaran ini melibatkan lebih dari 1.000 pelaku ekonomi kreatif dari berbagai subsektor. Dengan demikian dapat menghidupkan kembali geliat industri kreatif di masa pandemi. Selain juga membantu mendorong pelestarian budaya khususnya tekstil Indonesia yang sudah berhasil diwujudkan dalam berbagai rupa.  

"Tadi kalau lihat banyak sekali subsektor yang terlibat, mulai dari fotografer, videografer, musik, desain, fesyen, arsitek juga lainnya. Dan kalau dilihat bambu-bambu (dekorasi acara) ini tidak dibuang tapi diberikan ke warga setempat. Sehingga ada sisi keberlanjutan juga yang dijaga," kata Sandiaga. 

"Mudah-mudahan keberhasilan penyelenggaraan gelaran busana ini dapat membuka gerak ekonomi dan seiring dengan turunnya level PPKM, lapangan kerja juga semakin terbuka," kata Sandiaga. 

Sementara itu, Thresia Mareta, Pendiri Lakon Indonesia mengatakan, tujuannya digelar secara ini adalah untuk melestarikan budaya dengan memperingati hari Batik Nasional.

"Gantari yang dihadirkan merupakan perjalanan untuk mendalami dan  menyempurnakan cerita Lakon Indonesia, sebagai kelanjutan dari Pakaiankoe yang sebelumnya telah digelar pada 15 November tahun lalu di area SCBD, Jakarta," ujar Thresia Mareta.

Dia menambahkan, lerjalanan ini merupakan cerita yang menggambarkan metamorfosa Lakon Indonesia. Melakoni peranannya dalam menggali budaya dan tradisi serta mempertahankan prinsip dasar yang telah diwariskan secara turun temurun.
 
Dalam pagelaran kali ini, Lakon Indonesia berkolaborasi dengan Irsan - designer, Adi Purnomo - arsitek, hingga badan pemerintah dan Kemenparekraf. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu para pengrajin, UMKM, terutama dalam industri fashion dan industri kreatif lain sebagai pendukungnya untuk bergerak, terutama di dalam masa pandemi ini. 

“Kami juga ingin menyampaikan semangat pandemi ini tidak melemahkan, melainkan  menyatukan kita untuk dapat bergerak   bersama dalam membuat  pembaharuan yang akan terus menguatkan Indonesia," katanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo; serta Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya.

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel: