Candi Cetho, Objek Wisata Sejarah di Karanganyar Mirip Lempuyang Bali

Vien Dimyati ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 11:23 WIB
Candi Cetho, Objek Wisata Sejarah di Karanganyar Mirip Lempuyang Bali

Keseruan Wisata di Candi Cetho (Foto : Instagram@nurulbaiti_19)

JAKARTA, iNews.id - Jawa Tengah tidak hanya memiliki Candi Borobudur yang megah. Jika wisatawan singgah ke Karanganyar, Anda dapat menemukan satu cantik cantik yang terlihat Instagramable.

Candi tersebut bernama Cetho. Berbeda dengan candi biasa. Berada di Candi Cetho, wisatawan akan merasa seperti berada di Bali.

Jika diperhatikan, Candi Cetho lebih mirip dengan Pure Lempuyang, Bali. Candi Cetho menjadi salah satu alternatif objek wisata yang dapat dikunjungi ketika Anda travelling ke Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Terletak di lereng barat Gunung Lawu dan berada pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tidak mengherankan jika suhu udara di tempat ini cukup sejuk. Cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam pegunungan.

Candi ini cukup populer di Karanganyar. Candi megah yang mirip dengan pura ini memiliki bentuk bangunan yang berteras-teras seperti punden berundak.

Sebelum masuk ke dalam candi, traveler akan disajikan dengan pemandangan relief-relief binatang, seperti gajah, kura-kura, kadal, dan belut.

Di sekitar relief juga terdapat dupa, karena candi ini memang masih digunakan untuk sembahyang umat Hindu.

Candi yang berada di lereng Gunung Lawu ini memiliki suasana lembap khas pegunungan, dan keindahan alam khas hutan hujan tropis.

Nuansa Hindu sangat terasa kental di sini. Selama perjalanan menuju Candi Cetho, kita juga akan disuguhkan pemandangan perkebunan teh milik warga setempat.

Tidak jauh dari kompleks candi, juga terdapat arca yang mirip dengan peninggalan masa prasejarah. Traveler yang memilih Candi Cetho sebagai destinasi yang akan dikunjungi, tidak akan menyesal datang ke sini.

Sebab, Anda tidak hanya bisa melihat kemegahan bangunan candi, tetapi juga dapat melihat alam pegunungan Lawu yang menakjubkan.

Dari kompleks candi, traveler dapat melihat bentang alam perkebunan teh dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu.

Pada puncak kompleks candi, Anda akan disajikan dengan pemandangan bangunan tanpa atap berdinding batu setinggi 1,60 meter.

Bangunan utama Candi Cetho yang menghadap ke puncak gunung mencerminkan keyakinan bahwa kekeramatan candi merupakan bagian dari alam sekitar, tempat bersemayamnya para dewa.

Jika tertarik menjelajahi Candi Cetho, traveler cukup membayar tiket masuk Rp7.000. Candi Cetho terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kompleks Candi Cetho terletak di lereng Gunung Lawu. Dari jalur Solo-Karanganyar-Tawangmangu Anda akan menemukan plang ke arah kiri, cukup mengikuti plang penunjuk arah, Anda akan melewati hamparan perkebunan teh sebelum sampai di kompleks Candi Cetho. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan Candi Cetho?


Editor : Vien Dimyati