Destinasi Sudah Dibuka, Tempat Wisata di Italia Sepi Pengunjung

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 17:40 WIB
Destinasi Sudah Dibuka, Tempat Wisata di Italia Sepi Pengunjung

Destinasi di Italia sepi pengunjung (Foto : newsmagazine)

ROMA, iNews.id - Pemerintah Italia sudah mengumumkan pelonggaran lockdown, sehingga sejumlah lokasi wisata di sana juga kembali dibuka. Meski begitu, pengunjung yang datang masih sangat sedikit.

Dikutip dari Euronews, Kamis (4/6/2020), tempat wisata terkenal yang biasanya ramai pelancong seperti Colosseum dan Museum Vatikan yang ditutup lebih dari tiga bulan karena pandemi Covid-19, sudah kembali beroperasi.

Direktur Colosseum, Alfonsina Russo mengatakan, hanya sedikit wisatawan yang datang ke Colosseum. Itupun berasal dari dalam negeri. Namun, setidaknya bisa menutupi kekosongan yang dialami tempat wisata.

"Hanya sekitar 300 wisatawan yang datang ke Colosseum. Jumlah ini jauh dari yang biasanya mencapai 20.000 wisatawan setiap harinya," kata Alfonsina.

Sementara, di kota Vatikan, pengelola membatasi jumlah pengunjung hanya 25 orang yang datang ke Kapel Sistine. Hal positif yang terjadi adalah suasana hening dan aura berbeda membuat perasaan menjadi lebih khusyuk.

Meski kembali dibuka, Museum Vatikan dan Colosseum tetap menjalankan prosedur kesehatan dengan cara mengecek suhu tubuh pengunjung dan wajib memakai masker. Khusus di Museum Vatikan, pengunjung diharuskan melakukan reservasi.

Berbeda dengan Museum Vatikan, museum-museum lain di Italia lebih memilih menambah masa penutupan lantaran belum siap menghadapi tantangan 'New Normal'.

Operator wisata Italia mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke museum, landmark dan tempat wisata utama di Italia, 70 persennya adalah turis mancanegara. "Kami harap pembatasan pengunjung bisa dicabut hingga turis Uni Eropa bisa masuk kembali," ujarnya.

Editor : Vien Dimyati