Eksotisme Gunung Arjuno, Jelajahi Jalur Purwosari yang Terkenal Mistis

Vien Dimyati ยท Senin, 29 April 2019 - 09:10 WIB
Eksotisme Gunung Arjuno, Jelajahi Jalur Purwosari yang Terkenal Mistis

Eksotisme Gunung Arjuno (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur ini memiliki beberapa jalur pendakian. Salah satunya jalur Purwosari. Jalur ini dikenal sebagai jalur pendakian spiritual. Banyak para pendaki menghindari jalur ini karena cerita mistisnya. Hampir setiap pos memiliki minimal satu buah makam dan tempat pemujaan.

Namun, banyaknya candi serta arca peninggalan Singasari dan Majapahit di jalur ini, justru memberikan pengalaman unik tersendiri. Menyusuri jalan sembari menikmati candi dan arca yang dilewati, membuat kesan mistis. Meski dulu sempat memiliki image angker, kini lenyap dengan sendirinya. Traveler akan dibuat terpana dengan kayanya alam dan budaya Indonesia yang ada di gunung ini.

"Gunung Arjuno via Purwosari. Mistis yang romantis. Di saat jiwa dan roh bercumbu dengan kehidupan di luar nalar. Berbincang dengan diri sendiri dalam kesunyian. Berinteraksi kepada Tuhan bermediakan batu. Pencucian jiwa yang sempurna. Terimakasih semesta," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Senin (29/4/2019).

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung api bertipe stratovolcano (kerucut). Ketinggiannya mencapai 3.339 mdpl. Secara administratif gunung ini berada di antara wilayah Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Pengelolaannya berada di bawah Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Pendakian Gunung Arjuno via Purwosari memiliki keunikan sejarah tersendiri, Anda akan menemukan tapak tilas peninggalan Kerajaan Majapahit di sepanjang jalur pendakian. Banyaknya peninggalan candi majapahit membuat jalur Purwosari juga digunakan sebagai tempat spiritual para peziarah.

Banyak pengunjung yang datang untuk ziarah, sehingga dibangun beberapa pondokan di sekitar pos pendakian. Pos ini difungsikan sebagai tempat peristirahatan para peziarah. Di sepanjang pendakian, Anda dapat menemukan banyak sesajen dan aroma dupa dari aktivitas para peziarah.

Lokasi basecamp pendakian Gunung Arjuno via Purwosari terletak di Desa Tambak Watu. Dari Terminal Arjosari, Malang dapat menggunakan bus ke Pasar Purwosari. Dari Pasar Purwosari, Anda bisa menggunakan jasa ojek menuju basecamp pendakian Gunung Arjuno via Purwosari. Ada sekitar tujuh pos yang harus dilewati sebelum mencapai puncak gunung.

Di sekitar puncak Gunung Arjuna banyak terdapat batu-batu besar yang berserakan, di sebelah utara puncak berupa jurang terjal berbatu-batu yang sangat indah. Ke arah barat tampak Gunung Welirang. Di samping Gunung Welirang ke arah Barat Laut tampak Gunung Penanggungan yang runcing sempurna. Ke arah timur, Anda bisa menyaksikan puncak Gunung Semeru yang sangat menawan. Di sebelah selatan berdiri Gunung Kawi dan Gunung Anjasmoro.

Di puncak Gunung Arjuna juga terdapat batu berbentuk singasana (kursi) yang sering dikunjungi para pejiarah untuk membakar hio dan dupa. Pada batu ini terdapat gambar cakra dan tulisan Jawa yang berarti Maha Kuasa. Konon, di sinilah tempat bertahta penguasa alam gaib Gunung Arjuna. Tidak disarankan untuk duduk atau menginjak batu ini.

Editor : Vien Dimyati