Festival Teluk Jailolo 2021 Lebih Unik, Bisa Dinikmati secara Online

Vien Dimyati ยท Senin, 14 Juni 2021 - 12:45:00 WIB
Festival Teluk Jailolo 2021 Lebih Unik, Bisa Dinikmati secara Online
Keberagaman Festival Teluk Jailolo (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Festival Teluk Jailolo merupakan salah satu kegiatan legendaris yang sangat populer di Halmahera Barat. Potensi pariwisata Kabupaten Halmahera Barat dipastikan akan memanjakan para wisatawan yang datang. 

Untuk menarik minat tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan dukungan terhadap penyelanggaran Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2021 dengan tema yaitu “The Harmony of the Spice Island”.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Rizki Handayani menjelaskan, FTJ merupakan event promosi daerah yang dilaksanakan secara konsisten setiap tahunnya. FTJ kembali terpilih masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu dari 10 event terbaik kategori event berbasis adaptasi dan inovasi, setelah tiga tahun berturut-turut masuk dalam Calender of Event Kemenparekaf.

“Festival Teluk Jailolo sangatlah menarik karena tema yang diambil localize mengangkat potensi pariwisata orisinil Halmahera Barat sebagai event dengan menciptakan experience yang unik dan berkesan. Menariknya, konten yang unik ini kini bisa dinikmati secara online, sebagai bentuk inovasi di dunia event pariwisata,” kata Rizki dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan FTJ tahun ini pada 9-12 Juni 2021 dengan tema yaitu “The Harmony of the Spice Island” memiliki maksud keberagaman adat dan budaya, perbedaan suku, ras dan agama di Halmahera Barat dipersatukan kembali dalam harmoni Ino Fo Makati Nyinga untuk membangkitkan potensi kepulauan rempah menjadi destinasi wisata unggulan yang mendunia.

Penyelenggaraan FTJ 2021 kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya dikarenakan masih berada dalam era tatanan hidup baru masa pandemi Covid-19. FTJ yang biasanya identik dengan keramaian, saat ini dalam pelaksanaannya harus mengikuti konsep Hybrid Event yaitu dengan sistem online dan offline.

Euphoria FTJ kali ini tidak akan sama dengan FTJ sebelumnya, untuk itu masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Environment Sustainability) di manapun berada yakni menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir dan menjaga jarak aman dari kerumunan.

Pelaksanaan Konsep Hybrid ini dimaksudkan untuk membatasi penonton luring dalam rangka mengurangi angka kerumunan di kawasan venue event. Masyarakat atau pengunjung bisa menyaksikan FTJ tanpa harus datang ke venue akan tetapi juga bisa secara daring melalui live streaming kanal promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2