Gen Z dengan Talenta Digital Makin Dibutuhkan Sektor Industri Kreatif 

Vien Dimyati · Sabtu, 20 Agustus 2022 - 22:43:00 WIB
Gen Z dengan Talenta Digital Makin Dibutuhkan Sektor Industri Kreatif 
Gen z dengan talenta digital makin dibutuhkan sektor industri kreatif (Foto:Interreg europe)

JAKARTA, iNews.id - Di masa transformasi digital menjadi momen bagi industri kreatif untuk bersaing di tingkat global. Maka itu, generasi muda yang memiliki talenta digital sangat dibutuhkan oleh sektor industri kreatif.

Dalam mendukung perkembangan talenta digital di Indonesia, Traveloka menghadirkan dua program bagi para talenta digital di perguruan tinggi yaitu magang bersertifikat Traveloka atau Traveloka Internship Program dan Program Bangkit Kampus. 

Program ini merupakan kolaborasi serta bentuk dukungan penuh Traveloka terhadap inisiatif pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di bawah payung Program Kampus Merdeka. Tujuannya mengembangkan kualitas talenta mahasiswa di Indonesia dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk terjun langsung ke dunia kerja.

Prof. Nizam selaku Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengatakan tingginya potensi ekonomi digital Indonesia menuntut kebutuhan talenta digital yang juga besar. Pemerintah telah menyatakan untuk menyambut era revolusi industri 4.0, di mana Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital hingga 2030 seiring dengan perkembangan pesat teknologi dan investasi yang terus bertumbuh di sektor ini.

Berdasarkan survei Ernst & Young pada 2021 berjudul “How business and education can help Gen Z reframe the future” menunjukkan sebesar 85 persen Gen Z yakin akan kemampuan pemanfaatan teknologi yang mereka miliki, namun, hampir 60 persen di antaranya mengharapkan pembelajaran melalui pengalaman aplikasi ilmu dan kebutuhan akan peran mentor.

"Kebutuhan peningkatan keterampilan digital yang sesuai dengan kebutuhan terkini diyakini juga masih dibutuhkan karena disebabkan kurangnya pembelajaran di institusi perguruan tinggi yang sesuai dengan persyaratan industri," kata Prof. Nizam melalui keterangan belum lama ini.

Menurutnya guna mencapai keselarasan kualitas sumber daya manusia dengan kebutuhan dunia kerja, peran industri dibutuhkan untuk memberikan pengalaman keterampilan digital terkini kepada para talenta digital muda.

Adapun Traveloka Internship Program merupakan program pengalaman belajar berbasis karir. 

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda