Hawaii ala Kebumen, Pantai Menganti Terlihat Indah karena Ada Tebing Bidadari

Vien Dimyati ยท Jumat, 13 September 2019 - 13:17 WIB
Hawaii ala Kebumen, Pantai Menganti Terlihat Indah karena Ada Tebing Bidadari

Pantai Menganti jadi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Berpasir putih dengan balutan perbukitan dan tebing karst yang indah membuat Menganti menjadi salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Bahkan, tidak sedikit yang bilang jika pantai yang ada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini sebagai Hawaii-nya Indonesia.

Panorama alam yang indah di antara perbukitan kars membuat banyak orang terkagum-kagum. Hamparan pasir putih dan birunya air laut, berpadu indah dengan tebing tinggi dan bukit yang hijau. Sungguh, pemandangan yang luar biasa indah.

Anda juga dapat menemui tebing raksasa di bagian barat Pantai Menganti. Warga biasa menyebutnya dengan nama Tebing Bidadari. Di sana, Anda bisa melihat betapa indahnya pahatan alam berupa empat curug yang berketinggian lebih dari 30 meter.

"Pantai Menganti merupakan salah satu pantai terindah di Kebumen. Sepanjang pantai, terhimpit oleh perbukitan hijau. Selain itu, Pantai Menganti terkenal dengan banyaknya mitos dan legenda, seperti larangan menggunakan pakaian berwarna hijau ke pantai ini misalnya," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Jumat (13/9/2019).


Melihat keindahan pantai dari puncak mercusuar juga menjadi cara asyik lainnya. Tinggi mercusuar ini kurang lebih 20 meter. Tempat ini adalah spot paling pas untuk menikmati sunset ataupun sunrise.

Selain itu, ada beberapa tempat lain yang menjadi daya tarik Pantai Menganti. Ada Jembatan Merah, spot foto Instagramable yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di Pantai Menganti. Lembah Menguneng, spot fotogenik dengan pemandangan yang lepas.

Ada juga balon udara dan sepeda gantung, tarifnya tidak mahal Rp15.000. Wahana ini cukup menguji adrenalin sekaligus memberikan pengalaman melihat pemandangan yang indah. Jika Anda yang hobi mendaki, jangan lewatkan pengalaman mendaki Bukit Sigatel. Tenang saja untuk masuk ke sini, Anda tidak akan dipungut biaya.

Objek wisata lain yang harus didatangi adalah Tanjung Karang Bata, berupa Gunung Api Purba yang menyuguhkan pemandangan begitu memesona. Berada di sepanjang pantai selatan yang memiliki ombak cukup bagus, Pantai Menganti juga cocok digunakan sebagai tempat surfing. Harga tiket masuk ke Pantai Menganti Rp10.000.

Dari Pusat Kota Kebumen, Pantai Menganti berjarak sekitar 42 km. Lama perjalanan kurang lebih satu jam. Bentang alam berupa perbukitan memang sedikit menyulitkan untuk mengakses pantai ini.

Sebelum mencapai pantai, Anda akan melalui jalan berliku. Suguhan alam dengan pemandangan yang indah akan menemani perjalanan Anda. Hawa sejuk daerah Kebumen pun terasa menyegarkan.


Editor : Tuty Ocktaviany