Ide wisata ke Ranca Upas Bandung, Asyik Ada Penangkaran Rusa hingga Kolam Air Panas

Nur Afidah Zalfalia Sagit ยท Rabu, 24 November 2021 - 17:02:00 WIB
Ide wisata ke Ranca Upas Bandung, Asyik Ada Penangkaran Rusa hingga Kolam Air Panas
Keseruan wisata di Ranca Upas (Foto: Instagram@lutfvv)

JAKARTA, iNews.id - Tempat wisata Ranca Upas merupakan salah satu destinasi yang populer di Bandung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan atau liburan sekolah.

Perlu diketahui, Ranca Upas adalah destinasi wisata alam di Bandung yang sangat pas dijadikan tempat berkemah. Nama Ranca Upas Ciwidey, diambil dari kata bahasa Sunda yaitu "Ranca" yang berarti "Rawa", dan "Upas" adalah seorang petugas Perhutani yang melegenda di kawasan Gunung Patuha.

Dulunya Ranca Upas merupakan hutan belantara dengan kawasan rawa yang luas. Setelah hutan tersebut bebas dari hewan buas, Ranca Upas dijadikan hutan lindung oleh pihak Perhutani dan kemudian membuka lahan tersebut untuk menjadi Camping Ground.

Berlokasi di Jalan Ciwidey Patengan No. KM 11, Ranca Upas adalah tempat yang pas untuk menikmati keindahan suasana alam Bandung Selatan sembari berkemah.

Memiliki lahan seluas 215 hektare, Ranca Upas sangat cocok dikunjungi bersama rombongan. Berdiri di atas kawasan hutan lindung, membuat kawasan wisata Ranca Upas turut andil dalam pelestarian serta konservasi berbagai tumbuhan langka yang ada di sini. Para wisatawan juga bisa melihat serta mendapatkan berbagai edukasi di sini.

Tanaman yang akan ditemukan oleh para pengunjung antara lain Hamirug, Kihujan, Kitambang, Jamuju, dan lain sebagainya. Bukan hanya flora langka, di Ranca Upas juga terdapat hewan yang dilindungi yaitu rusa serta burung yang bisa pengunjung temukan keberadaanya di sini.

Pengunjung bisa mengunjungi destinasi wisata Ranca Upas menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat, bisa juga menggunakan moda transportasi umum seperti bus rombongan.

Hal ini dikarenakan akses jalan ke Ranca Upas sudah sangat mudah dan aman untuk dilewati.

Anda hanya menempuh perjalanan menuju Terminal Ciwidey, kemudian dari terminal, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan kurang lebih 5 km.

Ada banyak hal menarik lainnya di Ranca Upas, apa saja? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (24/11/2021).

Editor : Vien Dimyati

Bagikan Artikel: