Indahnya Danau Linting Deliserdang, Wisata Air Hangat yang Suka Berubah Warna

Vien Dimyati ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 10:20 WIB
Indahnya Danau Linting Deliserdang, Wisata Air Hangat yang Suka Berubah Warna

Keindahan Danau Linting Deliserdang (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Danau yang terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara ini terlihat indah dan asri. Beragam pohon beringin yang mengelilingi danau bernama Linting ini menambah kesan eksotis. Selaras dengan warna airnya.

Danau Linting memiliki air yang terasa hangat. Anda dapat berendam di tepinya dan merasakan relaksasi air bersuhu sekitar 30 derajat celcius.

Air di danau ini juga selalu berubah warna. Kadang berwarna hijau, kadang biru. Terkadang, perpaduan antara hijau dan biru. Udaranya yang sejuk menambah suasana semakin syahdu. Mungkin, perubahan warna itu efek dari belerang yang terkandung di dalam Danau Linting. Hingga kini, awal terbentuknya Danau Linting masih menjadi misteri. Pasalnya, letak danau ini cukup jauh dari gunung berapi. Air panas dengannya aroma belerang pun masih dipertanyakan dari mana sumbernya.

Di sini, Anda tidak diizinkan berenang hingga ke tengah danau, karena kedalamannya belum di ketahui secara pasti. Anda bisa menikmati suasana alam dengan menggelar tikar di sekitar danau. Warga setempat akan menawarkan tikar dengan harga sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000 Ada juga pondok yang disewakan dengan harga sekitar Rp25.000 Warga juga menjajakan makanan dan minuman ringan jika Anda ingin menikmati aneka jajanan. Ada beberapa permainan berupa ayunan yang disediakan.

Di sekitar kawasan Danau Linting ada objek wisata lain yang bisa dikunjungi, seperti Gua Emas, Gua Perak, dan 8 Kolam Puteri. Jaraknya hanya 100 sampai 200 meter.

"Ayo dolan ke sini. Kamu bisa menikmati pemandangan sejuk dari perkebunan kelapa sawit, kako serta karet yang terhampar indah di kiri dan kanan jalan. Tiket masuk Rp5.000 per orang. Foto dolan dari @satryaazmi, @dendyharun," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Senin (12/8/2019).

Danau Linting bisa dijangkau dari berbagai tempat. Secara administratif, danau seluas satu hektare ini berada di tiga wilayah yaitu Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelang. Jarak dari Kota Medan sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Akses menuju kawasan ini cukup berliku dan banyak persimpangan.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kawasan ini juga bisa dijangkau dengan transportasi umum. Dari terminal Amplas, Medan naik angkutan pedesaan. Tarifnya Rp20.000. 

Namun, angkutan ini tidak bisa mengantar langsung menuju Danau Linting. Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan kendaraan atau jalan kaki. Jaraknya cukup jauh dari tempat turun menuju ke titik lokasi.


Editor : Vien Dimyati