Indahnya Pantai Kedung Tumpang, Mirip Kolam Alami Dikelilingi Karang Eksotis

Vien Dimyati ยท Selasa, 08 Oktober 2019 - 12:00 WIB
Indahnya Pantai Kedung Tumpang, Mirip Kolam Alami Dikelilingi Karang Eksotis

Indahnya Pantai Kedung Tumpang (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tulungagung, Jawa Timur, memiliki destinasi wisata alam berupa laguna alami yang cantik. Laguna atau kolam alami ini ada di Pantai Kedung Tumpang. Letaknya di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung.

Pantai Kedung Tumpang dikenal sebagai salah satu pantai dengan karang-karang dan tebing yang terjal. Justru, itu yang menjadi keunikan dan daya tariknya.

Terlebih, terdapat ceruk (lekukan yang berbentuk seperti kolam) di tengah karang-karang tersebut, membuat pemandangan Pantai Kedung Tumpang terlihat indah dan eksotis. Penduduk di sekitar lokasi menyebut kolam itu dengan kedung atau lubuk atau bagian sungai yang dalam.

"Ini dia Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung. Tempat wisata yang harus Anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Pantai Kedung Tumpang merupakan gugusan karang yang tergerus ombak, sehingga membentuk cekungan alami kolam laguna yang terisi air laut. Foto dolan dari @delladartyan," tulis Instagam @ayodolan, dikutip Selasa (8/10/2019).

Bentuk laguna Kedung Tumpang begitu indah. Airnya bening. Anda bisa berenang dengan asyik di sini, seperti punya kolam renang pribadi dengan view cantik menuju ke laut lepas.

Namun, Anda hanya boleh berenang di laguna ini saat sedang surut, yaitu pada pagi hari. Saat air laut pasang, Anda tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombak di sekitar sangat besar dan berbahaya.

Selain untuk berwisata, wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut dapat pula mendirikan perkemahan di area parkir. Lokasi perkemahan ini sangat cocok untuk menikmati suasana laut luas. Bahkan jika beruntung, Anda bisa melihat lumba-lumba yang sedang berada di dekat pantai.

Karang yang di tumbuhi lumut-lumut hijau kian menambah keeksotisan tempat wisata ini. Kolam-kolam dengan bentuk tidak beraturan ini memiliki tinggi permukaan berbeda satu sama lain.

Berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang tidak dikenakan biaya masuk khusus. Cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 per motor. Mengingat jalan menuju destinasi ini belum baik, opsi kendaraan roda dua menjadi transportasi terbaik menuju ke Pantai Kedung Tumpang.

Setelah memarkirkan kendaraan, Anda tinggal berjalan kaki menuruni tebing hingga sampai ke Pantai Kedung Tumpang. Jalannya masih belum terlalu bagus, disarankan menggunakan alas kaki yang memadai, jangan menggunakan sandal jepit.

Untuk menuju bibir pantai, Anda juga harus menyusuri jalur yang cukup curam dan berat. Trek menuruni bukit memiliki kemiringan bervariasi, ada yang sekitar 45 derajat. Lebar jalan hanya setapak.

Anda akan melintasi lahan yang didominasi bekas tanaman singkong, pisang, dan jagung. Pantai Kedung Tumpang bisa dicapai melalui dua jalur, yakni dari Tulungagung dan Blitar.


Editor : Vien Dimyati