Indahnya Pantai Watu Dodol Banyuwangi, di Atas Bukit Bisa Lihat Selat Bali

Vien Dimyati ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 14:34 WIB
Indahnya Pantai Watu Dodol Banyuwangi, di Atas Bukit Bisa Lihat Selat Bali

Keindahan Pantai Watu Dodol (Foto : Instagram @ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Lebaran kali ini masyarakat terpaksa tidak bisa berwisata menikmati liburan. Pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat harus berdiam diri di rumah.

Meski kali ini Anda berada di rumah dan tidak bisa berwisata. Tidak ada salahnya, Anda menyimpan beberapa list objek wisata menarik untuk dijelajahi usai Pandemi.

Salah satu objek wisata yang bisa dituju adalah Pantai Watu Dodol yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Ada banyak objek menarik di pantai ini untuk dikunjungi.

Wisatawan bisa menikmati panorama laut, atau bahkan berjalan-jalan ke bukit yang berada di seberang jalan. Dari atas bukit, panorama indah selat Bali bisa dilihat.

Kegiatan kuliner adalah hal menarik lainnya untuk dilakukan di sini. Selain itu, Anda bisa berburu cenderamata terbuat dari kerang dan juga batu yang dijual di toko-toko kecil.

Sesampainya di Watu Dodol dari arah utara, Patung Gandrung menyambut pengunjung. Patung ini merupakan ikon Banyuwangi, Gandrung adalah tarian tradisional dari kota ini.

"Pantai Watu Dodol berada di wilayah administrasi Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Letaknya berada di perlintasan jalur menghubungkan Banyuwangi dan Situbondo, membuat objek wisata ini sangat mudah diakses baik dari arah Situbondo maupun dari arah Banyuwangi kota. Selain patung Gandrung dan pantai yang keren wisatawan dapat melihat panorama selat Bali yang lebih luas dan indah. Pantai Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur. Foto dolan dari @adam.septiansyah," tulis Instagram @ayodolan dikutip Jumat (22/5/2020).

Terletak di dekat Patung Gandrung, ada batu karang besar yang terlihat seperti dodol (makanan berbahan tape). Batu karang di pantai ini berwarna hitam dan mengkilap serta keras.

Banyak objek dan pemandangan menarik yang bisa Anda temui di lokasi ini, mulai dari pemandangan kapal feri yang menyeberang ke pelabuhan Gilimanuk, Patung Gandrung, juga pemandangan pulau Bali dari kejauhan.

Untuk memandang Selat Bali, Anda bisa mendaki bukit yang letaknya di seberang jalan.

Selain itu, aktivitas menarik lainnya adalah bibir pantai. Anda akan menemukan sumber air tawar di pantai. Bahkan saat air laut pasang, sumber air ini tidak terasa asin sama sekali.

Maka dari itu, banyak wisatawan yang sering mengambil airnya untuk dibawa pulang karena dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.

Spot lainnya di pantai ini adalah bunker zaman penjajahan Jepang. Anda bisa berswafoto di sini.

Untuk menuju Watu Dodol, Anda bisa berangkat dari Kota Banyuwangi, langsung ke terminal Blambangan terus menuju ke arah Ketapang.

Dari pelabuhan Anda bisa menuju jalur ke arah Situbondo. Rute lainnya adalah dari Surabaya. Anda bisa naik kereta dari Stasiun Pasar Turi atau Gubeng menuju Banyuwangi lalu lanjutkan perjalanan seperti di atas.

Pantai Watu Dodol bebas dikunjungi kapan saja tanpa dipungut biaya. Namun untuk mendaki Bukit Watu Dodol, untuk melihat pemandangan, Anda harus membayar tiket Rp3.000 per orang. Bagaimana, tertarik menjelajahi Pantai watu Dodol usai Pandemi?

Editor : Vien Dimyati