Inilah Desa Paling Dingin Tanpa Salju di Indonesia, Ada Danau Kembar yang Wajib Dikunjungi!

Vien Dimyati · Kamis, 06 Oktober 2022 - 12:46:00 WIB
Inilah Desa Paling Dingin Tanpa Salju di Indonesia, Ada Danau Kembar yang Wajib Dikunjungi!
Mengenal Desa Alahan Panjang yang eksotis (Foto: Instagram@@740aerialvideography)

JAKARTA, iNews.id - Alahan Panjang kerap dijuluki sebagai desa dingin tanpa salju. Desa ini terlihat cantik karena memiliki pemandangan gunung hingga danau.

Ya, Alahan Panjang terletak di Sumatera Barat. Tepatnya berada di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Sesuai dengan julukannya, Alahan Panjang memiliki udara yang dingin dan sejuk. Sebab, kota ini terletak di ketinggian 1.500 mdpl degan suhu 10-15 derajat celsius.

Daya tarik dari kota ini adalah memiliki dua danau kembar, yaitu Danau Atas dan Danau Bawah. Danau atas berada di Nagari Bukit Sileh, sementara danau bawah berada di Nagari Alahan Panjang.

Keindahan lainnya, Alahan Panjang juga memiliki gunung berapi yang masih aktif bernama Gunung Talang. Berada di gunung ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau perkebunan teh.

Selain dapat melihat perkebunan teh, dari puncak gunung ini, Anda dapat menikmati pemandangan tiga danau, yaitu Danau Talang, Danau Kembar, dan Danau Singkarak.

"Salfok kirain di luar negeri ternyata ini di Indonesia loh, tepatnya di Alahan Panjang. Kawasannya sangat dingin dengan pemandangan alam yang mengagumkan. Alahan Panjang berada di sekitar Gunung Talang, di mana gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat," tulis Instagram@740aerialvideography, dikutip Kamis (6/10/2022).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda