Inspirasi Wisata Bangka Belitung, Ada Pulau Burung yang Eksotis karena Bebatuannya

Vien Dimyati ยท Kamis, 28 November 2019 - 14:08 WIB
Inspirasi Wisata Bangka Belitung, Ada Pulau Burung yang Eksotis karena Bebatuannya

Keindahan Pulau Burung (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata Bangka Belitung makin terkenal sejak adanya film Laskar Pelangi. Ada banyak objek wisata bahari di Bangka Belitung yang dapat memikat wistawan untuk berkunjung.

Salah satu pulau eksotis yang wajib dijelajahi ketika berwisata ke Bangka Belitung adalah Pulau Burung.

Pulau ini bertetangga dengan beberapa pulau dan pantai eksotis di Kepulauan Bangka Belitung. Salah satunya seperti Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar, Pulau Kepayang, dan Pulau Lengkuas. Pulau yang terdekat adalah Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Belitung menjadi tempat terbaik untuk mengisi liburan. Selain wisatanya yang eksotis, Anda akan disuguhi dengan keindahan alam bernuansa alami. Salah satunya Pulau Burung. Pulau ini memiliki ciri khas batu granit dengan berbagai ukuran. Ini pula yang membedakan antara pulau Belitung dengan pulau-pulau lain.

Di pulau ini, Anda bisa melihat batu granit berukuran besar menyerupai kepala burung yang tengah mengerami telur. Begitu ikoniknya, banyak wisatawan berfoto dengan latar belakang batu tersebut. Di sekitar Pulau Burung juga masih banyak bebatuan granit yang tersebar dan menghiasi perairannya.

"Jangan mengaku pencinta snorkeling jika belum pernah ke Bangka Belitung! Banyak orang yang menyebut pantai-pantai di Bangka Belitung adalah potongan surga. Baik pantai maupun alam bawah lautnya sama-sama indah. Bahkan, tak perlu menyelam terlalu dalam, kita sudah dapat melihat betapa indah dan kayanya lautan di Bangka Belitung ini. Pesona Pulau Burung adalah salah satunya yang pantang terlewatkan. Di pulau ini, Sobat Pesona bisa menikmati pantai yang nyaris tanpa cacat dengan air bening di hampir seluruh pantai," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Kamis (28/11/2019).

Pulau Burung menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak sekali batuan granit yang eksotis. Jika Anda berkesempatan ke Bangka Belitung, jangan lewatkan spot yang satu ini.

Menurut masyarakat sekitar, nama pulau Burung memang diambil dari batu tersebut. Terletak di Pantai Utara Belitung, tepatnya di lepas pantai Desa Nelayan Tanjung Binga, luas pulau ini sekitar dua hektare. Perairan di Pulau Burung sangat jernih, dikelilingi pasir putih yang lembut dan bebatuan granit yang tersebar di laut sekitar pulau dan pantainya.

Ombak di pantainya sangat tenang. Tidak terlalu tinggi dan besar. Datanglah di sore hari, selain suasana sudah semakin sepi, pemandangan matahari tenggelam di pulau ini akan membuat Anda tak rela untuk beranjak pergi.

Di sekitar pantai Pulau Burung terdapat beberapa bungalow yang bisa digunakan untuk beristirahat. Selain berjalan-jalan mengelilingi pulau, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berenang, berjemur, foto-foto dan juga snorkeling.

Untuk bisa mencapainya, Anda bisa mengikuti trip hooping island. Salah satu tujuan dari trip ini adalah berkunjung ke Pulau Burung. Anda akan semakin merasakan kesan yang berbeda karena perjalanan yang dilakukan beramai-ramai akan terasa semakin seru. Bagaimana, tertarik menjelajahi Pulau Burung di Bangka Belitung?


Editor : Vien Dimyati