Inspirasi Wisata di Tasikmalaya, Ada Air Terjun Eksotis Berundak-undak

Vien Dimyati ยท Selasa, 10 September 2019 - 19:10 WIB
Inspirasi Wisata di Tasikmalaya, Ada Air Terjun Eksotis Berundak-undak

Keindahan Air Terjun Dengdeng (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tasikmalaya, Jawa Barat merupakan kabupaten yang berada di daerah pegunungan. Tidak heran jika kawasan ini memiliki banyak objek wisata air terjun.

Terutama bagi Anda yang bosan wisata pantai, air terjun bisa menjadi alternatif. Di Tasikmalaya, terdapat air terjun cantik yang mirip dengan tirai dan berundak-undak. Tempat tersebut bernama Air Terjun Dengdeng yang berada di Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya.

Air Terjun ini memiliki aliran air yang melebar mirip tirai. Pemandangannya indah karena air terjun ini memiliki tiga undakan. Undakan pertama yang menjadi muara sungai. Traveler dapat menikmati aliran air dari atas ketinggian sembilan meter. Undakan kedua memiliki ketinggian 11 meter dan undakan ketiga 13 meter.

"Ini salah satu objek wisata air terjun yg amazing di Tasikmalaya, terdapat banyak air terjun dalam satu area. Jalan menuju Curug Dengdeng ini masih bebatuan garicluk, tapi itulah perjuangan untuk mencapai hidden paradise di wilayah Tasik Selatan. Oh ya di sini juga bisa berenang kalau airnya lagi pas ya jangan lagi caah hehe, bahkan bisa memilih mau yg deet atau yg jero, enaknya udah disediakan pelampungnya & ada penjaganya, jadi tambah seruu kan hehe #AmazingTasikmalaya. Photo @Agung328 taken at Curug Dengdeng, Desa Cikawungading, Kec. Cipatujah," tulis Instagram @amazingtasikmalaya, dikutip Rabu (10/9/2019).

Berada di sini, traveler dapat menikmati hempasan air di setiap tingkatan. Apalagi sambil berenang di kolam yang memiliki air sejuk. Jangan lewatkan untuk berswafoto, sebab pemandangan di sini sangat instagenik. Bebatuannya unik dan aliran airnya terlihat menawan.

Air Terjun Dengdeng tidak hanya indah karena pemandangannya saja. Air Terjun ini juga memiliki cerita masa lampau yang dapat menarik perhatian wisatawan. Menurut cerita, air terjun ini pernah menjadi tempat singgah Nabi Daud AS. Bahkan, Nabi Daud pernah berwudhu di curug ini sebelum mengumandangkan adzan.

Cerita lainnya adalah cerita mengenai pertarungan antara Pangeran Jaya Laksana dan Pangeran Jaya Nalangsa yang terjadi di Air Terjun Dengdeng. Dua pangeran bertarung di tingkatan paling tinggi. Menurut kepercayaan masyarakat, makam yang berada di bagian paling bawah air terjun adalah salah satu makan dari pangeran tersebut.

Untuk mencapai air terjun ini, traveler bisa menuju Desa Cikawung Gading dari pusat Kota Tasikmalaya. Jarak yang ditempuh sekitar 62 kilometer. Dari Desa Cikawung Gading, Anda harus berjalan ke lokasi curug. Bagaimana, tertarik untuk berswafoto di Air Terjun Dengdeng?


Editor : Vien Dimyati