Jelajahi Bukit Siregol Purbalingga, Ada Air Terjun yang Terlihat Instagramable

Vien Dimyati ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 11:46 WIB
Jelajahi Bukit Siregol Purbalingga, Ada Air Terjun yang Terlihat Instagramable

Jelajahi Bukit Siregol Purbalingga (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tempat ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Dikelilingi bukit menjulang serta lembah-lembah curam. Jalan yang berliku, menanjak dan menurun, menambah sensasi perjalanan menelusuri pesona alam yang menakjubkan ini.

Tempat bernama Siregol ini terletak di antara Desa Sirau dan Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga. Suasana yang sejuk dan asri berbalut pemandangan tebing, jurang, dan hutan yang menghijau, diselingi gemercik air terjun di sela-sela bukit menjadi daya tarik utama.

"Bukit Siregol, Purbalingga adalah bukit terindah di Purbalingga yang terkenal akan hutan dengan pepohonan lebat, lembah menakjubkan, dan air terjun yang lumayan deras. Pemandangan di Bukit Siregol sangat indah. Hamparan perbukitan dengan lembah dan hutannya masih sangat sejuk. Ayo dolan ke sini! Foto dolan dari @tedy_riskiyanto01. IF @trimulyatinew," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Senin (7/10/2019).

Siregol merupakan salah satu hutan alami yang memiliki keanekaragaman tumbuhan. Hutan ini mempunyai maskot unggulan yaitu owa Jawa, termasuk satwa yang dilindungi. Terdapat pula satwa-satwa lain seperti elang Jawa, monyet ekor panjang, bajing jelarangan, bintorung, bubut besar, dan kukang Jawa.

Selain menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan, Siregol juga menyimpan peninggalan sejarah, yaitu 30 batu artefak peninggalan di kawasan Pegunungan Lumbung. Peninggalan tersebut berupa altar, dolmen, phalus, dan berbagai peralatan rumah tangga yang terbuat dari batu. Benda-benda tersebut diyakini dibuat oleh manusia jaman prasejarah sekitar 1.500 tahun sebelum masehi.

Jika Anda suka berpetualang memacu adrenalin, wajib mencoba sensasi bermain tubing, di sungai Tambra yang letaknya di bawah tebing-tebing yang menjulang. Sensasi menghanyut dengan sarana ban di sungai tentu akan membuat Anda tertantang.

Bagi yang tidak suka petualangan, Anda cukup bersantai di pinggiran jalan raya, berbatasan langsung dengan tebing, jurang, dan bukit. Tempat ini bisa dijadikan objek swafoto. Anda juga bisa berfoto di bawah rindangnya pepohonan pinus yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Berada di sini, belum lengkap tanpa menikmati dinginnya air di Curug Siregol. Anda dapat melihat bebatuan gunung yang besar-besar. Cocok sebagai objek berfoto dengan background Curug Siregol.

Selain petualangan air dengan menikmati sensasi tubing, Anda juga bisa mendaki dan kemah di tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Aktivitas ini akan menambah pengalaman berwisata di alam bebas.

Jika mendaki salah satu bukit, Anda akan melihat permadani putih yang beralaskan kabut. Berada di puncak bukit ini, bagaikan sedang di negeri atas awan.

Dari Kota Purbalingga, untuk menuju desa wisata ini bisa melalui Bobotsari atau Pengadegan. Berwisata ke Siregol belum dikenai biaya apa pun. Kecuali jika ingin kemping dan dipandu saat ke sini.


Editor : Vien Dimyati