Keindahan Alami Kolam Umbul Manigom Simalungun, Bening seperti Cermin

Vien Dimyati · Kamis, 05 Juli 2018 - 18:20:00 WIB
Keindahan Alami Kolam Umbul Manigom Simalungun, Bening seperti Cermin
Wisata di Umbul Manigom (Foto: Instagram)

JAKARTA, inews.id - Ada banyak destinasi indah di Sumatera Utara (Sumut) yang harus dieksplor oleh wisatawan. Sumut tak hanya memiliki Danau Toba yang terkenal indah, beberapa destinasi air lainnya juga memiliki keindahan menakjubkan.

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Sumut adalah Umbul Manigom atau Aek Manigom, Kabupaten Simalungun. Kolam renang alami ini belum banyak diketahui wisatawan. Padahal, terlihat indah dan airnya sebening cermin.

Lokasinya jauh dari pusat kota, sehingga membuat wisatawan enggan berkunjung. Umbul Manigom bukan sembarangan pemandian, kolam yang memiliki air jernih berasal dari tiga sumber mata air.

"Air biru nan jernih tidak hanya bisa sahabat jumpai di laut atau samudera saja. Sebab, ada sebuah kolam yang berada cukup jauh dari pusat Kabupaten Simalungun yang juga memiliki keindahan seperti air laut, yaitu berwarna biru jernih dan bersih tanpa limbah, inilah Umbul Manigom atau Aek Manigom. Di kawasan ini terdapat kolam untuk orang dewasa dan anak-anak, sangat cocok refreshing ke tempat ini di siang hari karena teduh serta rimbunan pohon akan menambah asrinya tempat ini. Selamat berkunjung," tulis Instagram @Indoflashlight dikutip Kamis (5/7/2018).

Berenang di kolam Umbul Manigom, Anda akan melihat dasar kolam. Siapa saja pasti akan tergoda untuk menceburkan diri ke sini. Kolam ini tak hanya aman untuk orang dewasa, anak-anak juga bisa berenang di area yang dangkal.

Menurut sejarahnya, kolam Umbul Manigom merupakan kolam renang Raja Damanik dan keluarganya. Bahkan, keturunan raja masih menjadi pengelola kolam alami ini. Untuk masuk ke kolam renang alami Umbul Manigom tidak dipungut biaya.

Jika tertarik mengunjungi kolam Umbul Manigom, traveler dari Medan dapat mengambil jalur menuju Tanjung Morawa. Kemudian mengambil rute ke arah Siantar sampai Sidamanik.

Anda akan menemukan jalan lintas Siantar-Parapat dan menemukan simpang Manigom di Tiga Dolok. Dari simpang ini, Anda harus menelusuri jalan sejauh 500 meter untuk menuju kolam Umbul Manigom.

Editor : Vien Dimyati