Keindahan Bawah Air Kolam Sumber Jenon Malang, Ada Ikan Usia Ratusan Tahun

Vien Dimyati ยท Jumat, 13 September 2019 - 12:11 WIB
Keindahan Bawah Air Kolam Sumber Jenon Malang, Ada Ikan Usia Ratusan Tahun

Sumber Jenon Malang jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Malang menawarkan paket liburan lengkap. Taman hiburan, deretan pantai, air terjun, dan sumber mata air ada di kota berjuluk Apel ini. Jika traveler ingin merasakan indahnya sumber mata air, cobalah berkunjung ke Sumber Jenon di Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan.

Lokasinya yang jauh dari perkotaan, membuat destinasi wisata alam ini sangat cocok untuk mengusir kepenatan. Sumber Jenon juga menjadi tempat liburan andalan di akhir pekan.

Sumber Jenon memiliki lansekap alam yang menawan. Airnya berwarna hijau kebiruan. Jernih dan eksotis. Terlihat sempurna dengan cahaya matahari yang memantul di permukaan airnya. Di sekelilingnya terdapat hamparan vegetasi hijau yang meneduhkan.

Menikmati dunia bawah air di Sumber Jenon memang menyenangkan. Karena itu, tempat ini sangat menarik untuk dijelajahi. Di antara sumber mata air terdapat sejumlah kolam yang menjadi tempat perlintasan ikan air tawar kecil hingga ikan sengkaring.

Ikan Sengkaring ini berdasarkan cerita masyarakat, diyakini memiliki usia ratusan tahun. Ikan ini memiliki warna hitam dan merah, berukuran sekitar 50-170 sentimeter. Jumlah ikan Sengkaring tak pernah berubah. Meskipun telah berkali-kali dipancing, ikan Sengkaring ini tetap berjumlah 37 ekor.

Uniknya, terdapat batang pohon Jenu yang membujur dari arah Barat ke arah Timur dalam Sumber Jenon.

"Sumber Jenon adalah salah satu mata air alami yang membentuk kolam. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 6,5 meter, dengan pajang sekitar 50 m dan lebar 30m. Sumber Jenon ada di Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota Malang berjarak sekitar 30 menit perjalanan menuju Cemoro Kandang atau Kecamatan Tumpang. Ayo dolan ke sini. Tag dan ajak teman kamu! Foto dolan dari @masgani81," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Jumat (12/9/2019).


Jika ingin menyambangi kawasan wisata ini, traveler harus bertolak sekitar 20 kilometer dari Kota Malang. Masuk ke kawasan ini hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000. Dari parkiran, traveler akan melewati tangga menurun untuk bisa sampai ke lokasi mata air.

Telah tersedia bangku-bangku tempat meletakkan barang selama ditinggal berenang di tepi pemandian. Traveler harus menyelam jika sudah berada di sini. Menikmati keindahan bawah airnya. Sungguh akan membuat traveler terkesima.

Jika traveler tidak bisa berenang, jangan khawatir. Di sini tersedia tempat persewaan ban. Untuk ban kecil Rp3.000 dan Rp5.000 untuk ban super besar. Sembari mengayuh ban, traveler bisa mengarungi permukaan sumber mata air dengan panorama yang tak kalah menenangkan.

Pantulan sinar matahari yang menembus celah-celah pepohonan terlihat begitu menawan. Ada pula reruntuhan batang kayu dan biota laut yang menambah keeksotisan tempat ini.


Editor : Tuty Ocktaviany